Otomotif

Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik yang Biasa Dipakai Pada Motor

×

Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik yang Biasa Dipakai Pada Motor

Sebarkan artikel ini
kopling hidrolik

WidodoLesta.com – Kopling hidrolik menjadi alternatif menarik bagi para pengendara motor saat berkendara. Terutama, kopling hidrolik banyak digunakan oleh pengendara motor sport sebagai pengganti kopling manual.

Penggunaan kopling manual dapat mengakibatkan rasa pegal dan lelah pada pengendara, terutama jika penggunaan motor sport sehari-hari seperti perjalanan ke kantor. Oleh karena itu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui terkait penggunaan kopling hidrolik pada motor.

 

Cara Kerja Kopling Hidrolik

Bagi mereka yang belum familiar dengan cara kerjanya, kopling hidrolik menggunakan zat cair, seperti minyak, untuk mentransfer tenaga dari piston ke master rem. Secara garis besar, cara kerja kopling ini mirip dengan sistem rem cakram.

Baca Juga:  Cara Merawat Keyless Motor

Pada sistem rem cakram, minyak rem dan piston digunakan untuk mendorong kampas rem, sehingga pengendara tidak membutuhkan banyak tenaga untuk mengoperasikan tuas rem. Konsep serupa juga diterapkan pada kopling hidrolik.

Menurut informasi dari situs Suzuki, cara kerja kopling hidrolik dimulai ketika pengendara menarik tuas kopling. Hal ini menyebabkan tekanan pada master kopling dan minyak langsung mengalir melalui selang. Kemudian, minyak tersebut akan menuju piston bawah dan tuas pembebas kopling akan terdorong.

Baca Juga:  Honda EM1 e: Plus: Motor Listrik Honda dengan Fitur Terbaru

 

Kelebihan Kopling Hidrolik

Setelah mengetahui cara kerja kopling hidrolik, terdapat beberapa keuntungan penggunaannya bagi pengendara motor. Salah satu alasan banyak pengendara beralih ke kopling hidrolik adalah karena lebih ringan.

Penggunaan kopling hidrolik sangat terasa ketika berkendara di jalan yang padat. Dengan menggunakan kopling hidrolik, tangan pengendara tidak mudah lelah saat mengoperasikan tuas kopling.

aki basah untuk sepeda motor
Otomotif

Zaman sekarang ini sepeda motor bukan hanya sebagai gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan, bahkan…