Tips

Tips Ampuh Merawat Dasbor Motor Agar Tetap Kelihatan Mengkilap

×

Tips Ampuh Merawat Dasbor Motor Agar Tetap Kelihatan Mengkilap

Sebarkan artikel ini
dasbor motor

Dasbor atau dashboard pada motor adalah komponen yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan untuk perawatannya. Melui dasbor, pengendara dapat memantau kecepatan, persediaan bensin, penggunaan lampu. Jika dasbor tidak dirawat dengan baik, maka tampilan dan fungsi motor bisa mengalami penurunan.

Oleh karena itu, perawatan rutin untuk dasbor motor sangat diperlukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat dan mengembalikan kilap pada dasbor motor Anda.

 

  1. Bersihkan dengan Kain Basah

Pastikan Anda menggunakan kain yang sudah dibasahi sedikit air, agar tidak merusak komponen atau perangkat pada dasbor. Lakukan pembersihan dasbor secara berkala untuk mencegah kerusakan jangka panjang.

Baca Juga:  Jenis Helm Motor dan Tingkat Keamanannya yang Perlu Diketahui

 

  1. Perhatikan Setiap Detail

Saat membersihkan dasbor, berikan perhatian pada setiap detail dan bagian-bagian kecilnya. Hindari penggunaan produk yang mengandung bahan petroleum atau silikon, karena dapat merusak lapisan dasbor motor.

 

  1. Gunakan Alkohol atau Minyak Zaitun

Kotoran yang menempel pada dasbor motor dapat dihilangkan dengan menggunakan alkohol pembersih atau minyak zaitun. Caranya cukup mudah, cukup usap noda membandel dengan menggunakan kain atau tisu yang telah dibasahi dengan alkohol atau minyak zaitun.

Baca Juga:  Tips Menjaga Cat Mobil agar Tetap Awet Kiclong dan Terlindungi

 

  1. Cat Pengilap

Pilihan yang praktis untuk mengembalikan kilap pada dasbor yang kusam adalah dengan menggunakan cat pengilap khusus. Lakukan proses pengecatan hingga beberapa lapisan agar hasilnya lebih awet dan memberikan kilau yang optimal.

 

  1. Semir Ban sebagai Alternatif

Ternyata semir ban bisa menjadi alternatif untuk merawat dasbor motor. Kilap hitam yang dihasilkan dari semir ban juga cukup tahan lama. Jika Anda memiliki stok semir ban di rumah, trik ini layak dicoba.

aki basah untuk sepeda motor
Otomotif

Zaman sekarang ini sepeda motor bukan hanya sebagai gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan, bahkan…