Otomotif

Jenis Helm Motor dan Tingkat Keamanannya yang Perlu Diketahui

×

Jenis Helm Motor dan Tingkat Keamanannya yang Perlu Diketahui

Sebarkan artikel ini
jenis helm dan tingkat keamanannya

Perlindungan kepala dalam berkendara motor menjadi prioritas utama. Selain itu, helm juga berfungsi sebagai tameng dari cuaca ekstrem seperti panas terik dan hujan. Oleh karena itu, pemilihan helm yang tepat merupakan aksesori penting dalam perjalanan sehari-hari.

Ada berbagai jenis helm motor yang tersedia di pasaran. Jika kita perhatikan pengendara motor, mereka menggunakan beragam jenis helm yang memiliki bentuk yang berbeda-beda. Jika Anda baru dalam dunia berkendara motor dan bingung memilih helm yang sesuai, berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis helm dan kegunaannya.

  1. Helm Full-Face

Helm full-face adalah jenis helm yang paling aman dan kokoh. Seperti namanya, helm ini melindungi seluruh wajah dan kepala, termasuk dagu dan leher.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Kopling Hidrolik yang Biasa Dipakai Pada Motor

Biasanya, helm full-face dilengkapi dengan sistem ventilasi untuk mengurangi embun pada kaca mata, menjaga kelembapan kepala, serta mengurangi bau dan keringat.

Sejumlah model helm full-face juga memiliki fitur tambahan yang lebih baik, seperti menjaga suhu tubuh pada udara dingin dan memberikan visibilitas yang tinggi.

Helm full-face cocok digunakan dalam berbagai medan dan kecepatan tinggi. Namun, beberapa orang mungkin merasa sedikit sesak dan pengap ketika menggunakan jenis helm ini.

  1. Helm Flip-Up

Helm flip-up, atau sering disebut juga modular helmet, merupakan kombinasi antara helm full-face dan helm biasa.

Baca Juga:  Hindari Risiko! Dampak Buruk Penggunaan Aki Bekas pada Komponen Kelistrikan Motor Anda

Helm ini memungkinkan bagian visor dan dagu helm dapat diangkat dengan tambahan engsel. Sehingga helm flip-up dapat digunakan dalam dua mode, yaitu full-face dan biasa.

Namun, struktur engsel membuat tingkat keamanan helm sedikit lebih rendah ketika dalam mode terbuka. Selain itu, tambahan engsel juga membuat helm lebih berat dibandingkan helm full-face.

  1. Helm Open-Face

Helm open-face hanya melindungi sisi, atas, dan belakang kepala. Bagian wajah biasanya tetap terbuka, meskipun beberapa model dilengkapi dengan visor untuk melindungi wajah.

aki basah untuk sepeda motor
Otomotif

Zaman sekarang ini sepeda motor bukan hanya sebagai gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan, bahkan…