Otomotif

Starter Honda Beat Cetek – Cetek

×

Starter Honda Beat Cetek – Cetek

Sebarkan artikel ini
Honda beat karbu
Honda Beat

WidodoLesta.com – Saya punya motor Honda Beat karbu keluaran Tahun 2011, akhir – akhir ini kalau distarter pakai starter elektrik sering gak bisa hidup mesinnya, hanya bunyi cetek kek…kek…kek.. alias muter doang dinamo starternya namun mesin tidak mau menyala.

Kadang kita starter pakai engkol starter manual dua atau tiga kali injak trus kita tekan tombol starter elektrik mau bunyi, seolah-olah harus dipancing dulu baru bisa hidup mesinnya, kalian tahu sendiri menghidupkan motor metik pakai engkol itu susah, engkolnya kecil kalau gak hati-hati bisa terpleset, kalau terpleset bisa-bisa kaki kita luka.

Iseng-iseng saya browsing untuk mencari solusi, siapa tahu ada cara murah untuk bikin motor Beat jadul saya normal kembali, biasa imbas Covid-19 uang dikantong tipis bro…

Baca Juga:  Polytron Fox R: Motor Listrik dengan Fitur Canggih yang Tidak Ditemukan pada Motor Listrik Sekelasnya

Hasil browsing saya menemukan info bahwa penyakit Honda Beat kebanyakan memang seperti itu, kalau distarter sering bunyi cetek-cetek, dinamo bisa berputar namun mesin gak mau hidup, penyebab penyakit seperti ini karena relay starter yang ada di dalam CDI rusak.

Nnamun sebelum menyimpulkan bahwa relay starter pada CDI rusak kalian harus memeriksa beberapa komponen yang ada dulu, jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa realay starter pada CDI rusak, karena bisa jadi dinamo starternya yang rusak dan perlu diservis, bisa bendiknya kotor jadi dynamo starter berputar namun bendik tidak sempurna memutar mesin atau bisa jadi batu arangnya habis, bisa juga arus pada aki sudah lemah dan tidak mampu memutar dinamo starter.

Baca Juga:  Pentingnya Menggunakan Coolant pada Air Radiator Mobil dan Mekanisme Kerjanya

 

CDI honda Beat
CDI honda Beat

Untuk memeriksa aki dan dinamo starter kalian bisa cabut soket pada swit starter dan hubungkan soket dari aki menuju ke dinamo starter (bisa dilihat gambar soket swit starter dibawah), gambar yang saya lingkari merah silahkan dihubungkan pakai kabel atau gunting juga bisa, apabila mesin motor mau hidup berarti kondisi aki dan dinamo starter masih normal dan yang bermasalah relay pada CDI. Kalau mau gampang sih ganti saja CDI nya dijamin langsung jreng…. Tapi bagi kalian yang kena dampak Covid-19 seperti saya wakkk…. Kantongnya kempes bisa mengikuti tutorial saya selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *