Otomotif

Dampak oli Mesin Kering Karena Telat Ganti Oli

×

Dampak oli Mesin Kering Karena Telat Ganti Oli

Sebarkan artikel ini
ganti-oli-mesin

WidodoLesta.com – Bagi kalian yang memiliki kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil harus rajin memeriksa level ketinggian oli maupun jarak tempuhnya, biasanya kalau sepeda motor wajib diganti pada jarak tempuh 2.000 Km, sedangkan untuk mobil biasanya 4.000 Km, tapi ada juga oli mobil yang bagus dengan harga yang lumayan mahal, bisanya oli yang mahal ini masa gantinya hingga pemakaian 10.000 Km.

Oli mesin itu keberadaannya sangat vital bagi kendaraan bermotor, apa sih fungsi oli mesin bagi kendaraan ? kalian tahu gak…  Oli mesin pada mesin kendaraan memiliki fungsi sebagai pelumas, pelindung, pembersih, dan pendingin mesin.

Saat mesin bekerja akan terjadi banyak gesekan mulai sistem transmisi hingga piston yang bergesekan dengan dinding silinder. Jika oli mesin tidak diganti secara berkala tentu sangat berisiko terhadap performa mesin.

Baca Juga:  Mengenal Kiprok pada Sepeda Motor: Fungsi dan Tanda-Tandanya ketika Rusak

Untuk itu sebaiknya bagi kalian yang memiliki kendaraan bermotor sebaiknya rutin mengganti olie mesin ke bengkel terdekat atau bila ingin yang lebih bagus lagi ke dealer resmi kendaran kalian.

Apabila kalian telat mengganti oli akibatnya sangat fatal, berikut ini akibatnya apabila kalian telat mengganti oli pada kendaraan kalian:

 

Suara Mesin Kasar dan Timbul Getaran

Baca Juga:  Polytron Fox R: Motor Listrik dengan Fitur Canggih yang Tidak Ditemukan pada Motor Listrik Sekelasnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu fungsi oli yaitu sebagai pelumas mesin. Apabila cairan oli yang sudah kotor atau kering, maka mesin harus bekerja lebih keras dan dapat menimbulkan gesekan besar sehingga dapat menimbulkan suara dan getaran yang tidak nyaman.

 

Penurunan Kinerja Mesin

Oli yang lama tidak diganti akan terlihat kotor hingga menjadi kental. Kentalnya oli pada mesin membuat tidak nyaman saat digunakan. Apabila kendaraan terus dipaksa dikendarai ketika oli dalam keadaan seperti itu, tentu kinerja mesin lama-lama menurun dan akhirnya rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *