Tips dan Informasi

Bekerja Dengan Dua File Berdampingan Pada MS Excel

2

Gak tahu ya kenapa sebelumnya gak pernah terpikir bahwa bekerja dengan MS Excel itu kita kan bisa bikin dua candela kerja, dua file excel kita tampilkan berdampingan, jadi klo kita mau nyalin data atau mau membandingkan data pada MS Excel jadi lebih mudah. Baru kemarin saya mencoba menggunakan fitur “Side by side” yang ada di MS Excel. Jadi sebelumnya kalau bekerja pakai MS Excel saya harus buka tutup bergantian… repot deh…

Mungkin bagi kalian yang sering bekerja menggunakan MS excel dan bekerja dengan membuka beberapa file biar gak repot buka tutup bergantian silahkan coba fitur “Side by side” yang ada pada MS Excel.

Caranya adalah buka dua buah file excel atau lebih juga gak apa-apa, selanjutnya kalian tab menu excel pada “View” dan klik “View Side by Side” kalau kalian buka lebih dari dua file excel maka akan muncul pilihan file mana yang akan kalian tampilkan berdampingan dengan file yang kalian buka saat itu, tinggal kalian pilih salah satu saja, bila sudah terbuka dua-duanya berdampingan yang harus kalian perhatikan adalah “Synchronous Scrolling” akan otomatis aktif, fungsi dari synchronous scrolling adalah apabila kalian menggulung lembar kerja atau worksheet pada lembar satunya maka file yang lain akan ikut tergulung.

Dua file excel yang kalian buka tadi biasanya akan langsung tersusun secara vertical seperti gambar dibawah ini.

Bila kalian ingin merubahnya kalian bisa masuk ke menu tab view dan kalian klik “Arrange All”.

Setelah kalian klik akan muncul dialog Arrange windows, dan silahkan pilih salah satu pilihan yang tersedia yang sesuai dengan keinginan kalian yang kalian anggap bisa memudahkan kalian dalam bekerja, tapi kali ini saya pilih yang “Herizontal”.

Dua file yang sebelumnya tersusun secara vertical sekarang berubah menjadi horizontal seperti gambar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *