MS Office

Rumus Menghitung Total pada MS Excel

×

Rumus Menghitung Total pada MS Excel

Sebarkan artikel ini
ms excel

Widodolesta.com – Kali ini saya akan berbagi tips buat kalian tentang cara menghitung total pada Microsoft Excel, rumus menghitung total ini merupakan rumus yang sering banget dipakai setiap kali kita mengolah data dan menghitung data yang sifatnya numerik atau angka.

Rumus menghitung total pada Microsoft Excel biasanya kita pakai untuk membuat laporan keuangan, menghitung jumlah nilai siswa (apabila kalian berprofesi sebagai Guru), menghitung jumlah barang (apabila kalian kerja di gudang) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Formula yang digunakan untuk menghitung total pada Microsoft Excel adalah SUM, ingat jangan sampai salah ketik dengan SUMI ya… mentang- mentang tetangganya namanya SUMI terus diketik SUMI ya eror rumusnya.

Baca Juga:  Cara Menyalin Rumus Pada MS Excel

Pada gambar dibawah saya ada data daftar nilai Matematika Siswa Kelas IV, pada data tersebut terdapat 10 siswa dengan masing- masing nilanya bisa dilihat.

data nilai matematika siswa kelas iv

Untuk mengetahui total nilai dari semua siswa kalian harus mengetik formula =sum(C4:C13) atau ketik = sum( kemudian taruh krusor pada baris atau kolom yang mau dihitung tekan SHIFT + (↓) anak panah kebawah pada keyboard, tekan sampai data paling bawah kemudian Enter. Atau kalian bisa lihat caranya pada video dibawah ini.

Baca Juga:  Menghitung Data MS Excel berdasarkan Cell Warna Tertentu

Atau kalau pingin mudah bisa menggunakan tombol menu ∑ seperti pada video dibawah ini

Demikian semoga bisa membantu dan sampai jumpa pada artikel saya berikutnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *