Otomotif

Tips Merawat Motor yang Jarang Dipakai Agar Tetap Terjaga Kondisinya

×

Tips Merawat Motor yang Jarang Dipakai Agar Tetap Terjaga Kondisinya

Sebarkan artikel ini
naik motor

WidodoLesta.com – Kendaraan bermotor memang sebaiknya digunakan secara teratur agar mesin tetap berfungsi dengan baik dan memiliki umur pakai yang panjang. Penggunaan rutin motor juga merupakan bagian penting dari perawatan.

Meskipun terkadang Anda mungkin jarang menggunakan motor yang Anda miliki di rumah, Anda masih perlu melakukan perawatan reguler untuk menjaga mesinnya tetap dalam kondisi optimal.

Motor yang jarang digunakan membutuhkan perawatan khusus agar tetap terjaga kondisinya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Perhatikan Motor dengan Teliti

Sebelum Anda mengendarai motor, cek setiap bagian dari kendaraan dan pastikan semuanya dalam keadaan bersih dan aman. Hal ini akan membantu mencegah masalah ketika Anda ingin menggunakannya.

  1. Rutin Memanaskan Mesin
Baca Juga:  Komponen Rem Tromol: Pengertian, Mekanisme, dan Kelebihan serta Kekurangannya

Disarankan untuk secara berkala menghidupkan mesin kendaraan meskipun tidak digunakan secara rutin. Memanaskan mesin selama 3 hingga 5 menit dapat memastikan sirkulasi oli berjalan dengan baik.

  1. Periksa Oli dan Aki

Cek secara rutin kondisi oli dan aki. Ini akan membantu mengurangi risiko gangguan pada motor ketika hendak digunakan setelah lama tidak dipakai.

  1. Perhatikan Komponen Penting

Periksa komponen penting seperti rantai, rem, dan komponen lainnya. Jika ada kerusakan atau kekeringan, segera perbaiki atau ganti komponen yang rusak.

  1. Cuci Motor Secara Berkala
Baca Juga:  Kelebihan dan Kelemahan Mobil Nissan Grand Livina yang Perlu Kalian Ketahui

Cuci motor secara teratur untuk menjaga penampilannya yang segar dan menghindari penumpukan debu yang dapat merusak permukaan motor.

  1. Jaga dari Serangga dan Hewan Lainnya

Pastikan motor terlindungi dari serangga atau hewan yang dapat merusak komponen motor, terutama kabel-kabel yang bisa menjadi sasaran tikus.

  1. Gunakan Standar Dua

Gunakan standar tengah atau standar 2 untuk menjaga daya tahan ban dan stabilitas shock motor.

  1. Pastikan Tangki Terisi

Selalu jaga level bahan bakar dalam tangki agar tidak terlalu lama terendam. Bensin yang terendam terlalu lama dapat mengurangi kualitas bahan bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *