Otomotif

Cara Merawat Aki Sepeda Motor

×

Cara Merawat Aki Sepeda Motor

Sebarkan artikel ini
aki basah untuk sepeda motor

Zaman sekarang ini sepeda motor bukan hanya sebagai gaya hidup tetapi sudah menjadi kebutuhan, bahkan dalam satu keluarga ada empat orang sepeda motornya bisa melebihi jumlah anggota keluarga yang ada. Ngomongin soal sepeda motor komponen penting yang terdapat pada sepeda motor adalah aki, terlebih lagi pada zaman sekarang ini fungsi aki gak Cuma digunakan untuk elektrik starter dan lampu saja tapi juga digunakan untuk sistem ICU. Jadi peran aki pada sepeda motor semakin vital.

Kalian semua sudah tahu gak cara merawat aki sepeda motor yang benar, sebab kalau kalian gak tahu aki sepeda motor kalian akan cepat rusak.

Cek ketinggian air aki

Baca Juga:  Kode Plat Kendaraan Dari Jawa Timur

Yang perlu kalian ketahui bahwa tipe aki itu ada dua jenis yaitu aki basah  atau baterai berventilasi (membutuhkan penambahan air suling) dan aki kering atau baterai VRLA/Valve Regulated lead Acid (tidak memerlukan penambahan air suling).

Untuk aki basah yang harus kalian perhatikan adalah kondisi ketinggian airnya, karena air pada aki basah bisa berkurang yang disebabkan oleh panas pada waktu pengisian. Pada aki basah umumnya memiliki batas atas (Upper Level) dan batas bawah (lower Level).

Untuk aki basah volume airnya jangan sampai dibawah batas yang diizinkan (Lower Level), sebab kalau ketinggian air aki sudah dibawah batas bawah (Lower Level) maka aki sepeda motor kalian sel-selnya akan cepat rusak dan aki tidak bisa menyimpan arus listrik yang berasal dari dinamo isi sepeda motor kalian.

Baca Juga:  Jenis Helm Motor dan Tingkat Keamanannya yang Perlu Diketahui

Selain itu apabila kalian menambah air aki juga jangan sampai berlebihan atau sampai penuh melebihi batas atas (Upper Level) sebab kalau melebihi batas atas maka pada waktu aki bekerja tidak ada ruang kosong pada sel untuk pernapasan, dampaknya  akan timbul kerak pada terminal positif aki dan aki akan cepat rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *