Otomotif

Waspada! 7 Ciri Oli Gardan Motor yang Harus Segera Diganti

×

Waspada! 7 Ciri Oli Gardan Motor yang Harus Segera Diganti

Sebarkan artikel ini
mengganti oli gardan motor matic

Oli gardan merupakan salah satu komponen penting pada motor dan mobil matic, berfungsi untuk melumasi komponen transmisi otomatis. Oleh karena itu, penggantian oli gardan harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kinerja kendaraan tetap optimal. Berikut adalah ciri-ciri yang menandakan bahwa oli gardan motor Anda perlu segera diganti:

  1. Muncul Suara Bising Saat oli gardan habis dan perlu diganti, Anda mungkin akan mendengar suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. Suara tersebut disebabkan oleh gesekan antar komponen transmisi yang tidak terlumasi dengan baik akibat berkurangnya daya lumas oli gardan.
  2. Kendaraan Terasa Lebih Bergetar Selain suara bising, motor juga akan terasa lebih bergetar pada bagian bodi dan stangnya. Getaran ini akan terasa lebih kencang, terutama saat melalui jalan turunan.
  3. Performa Motor Menurun Jika Anda merasa akselerasi motor menjadi lambat atau kecepatan maksimumnya terbatas, bisa jadi itu adalah tanda bahwa oli gardan perlu diganti.
  4. Suhu Gardan Meningkat Jika suhu gardan meningkat atau terjadi overheating, hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa oli gardan tidak melumasi dengan baik dan perlu segera diganti.
  5. Oli Gardan Terkontaminasi Ketika oli gardan terkontaminasi atau tercemar, kinerja mesin akan terganggu. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk penggunaan kendaraan yang berat atau penggunaan yang terlalu lama.
  6. Bau yang Menyengat Bau menyengat seperti bau gosong saat menyalakan motor bisa menjadi tanda bahwa oli gardan harus diganti, karena bisa disebabkan oleh panas berlebih atau kotoran yang mengendap dalam CVT.
  7. Perubahan Konsistensi Oli Jika konsistensi tekstur oli berubah, misalnya menjadi encer, berbusa, atau terdapat endapan kerak di dalamnya, itu adalah tanda bahwa oli gardan sudah tercampur dengan kotoran dan harus segera diganti.
Baca Juga:  Ciri - Ciri Sokbreker Motor Rusak yang Perlu Diketahui

Kapan Oli Gardan Harus Diganti?