Otomotif

Rem Cakram Sepeda Motor Lebih Diutamakan Pada Roda Depan

×

Rem Cakram Sepeda Motor Lebih Diutamakan Pada Roda Depan

Sebarkan artikel ini
cakram

WidodoLesta.com – Kali ini saya akan membahas kembali tentang rem, kalau sebelumnya rem mobil tapi kali ini yang akan saya bahas adalah rem sepeda motor, pernah gak kalian bertanya-tanya kenapa kebanyakan rem cakram pada sepeda motor lebih diutamakan pada bagian depan ban dan pada bagian belakang menggunakan rem tromol.

Mengutip berita dari detik.com yang berasal dari Motosaigon bahwa secara teori rem cakram memiliki struktur yang lebih kompleks daripada rem tromol. Pengereman dengan rem cakram lebih kuat untuk memperlambat laju sepeda motor sehingga jarak pengereman akan lebih pendek dibandingkan yang menggunakan rem tromol.

Ketika kita mengendarai motor dan melakukan pengereman, karena dampak dari gaya inersia, sekitar 70% gravitasi motor akan mengarah ke roda depan. Karena itu, menurut perhitungan, untuk dapat menghentikan laju motor lebih efektif, rem depan harus bekerja lebih baik dan lebih kuat. Itulah alasan kenapa rem cakram lebih diutamakan untuk roda depan.

Baca Juga:  Tips Ampuh Mencegah Mobil Overheat yang Belum Banyak Diketahui

Namun, karena performanya yang cukup kuat, saat pengereman darurat menggunakan rem cakram bisa berakibat fatal. Pada beberapa kondisi, pengereman dengan rem cakram depan yang terlalu kuat membuat roda terkunci hingga membuat motor terguling. Makanya, saat ini tak sedikit motor yang sudah dilengkapi dengan peranti pengaman anti-lock braking system atau sering disebut ABS.

Baca Juga:  Astra Honda Motor Merilis Scoopy Versi Terbaru

Untuk saat ini sepeda motor di Indonesia sudah banyak yang dilengkapi dengan rem cakram di bagian belakang. Tapi biasanya ukuran cakram belakang sedikit lebih kecil dibanding cakram depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *