Otomotif

Pentingnya Menggunakan Coolant pada Air Radiator Mobil dan Mekanisme Kerjanya

×

Pentingnya Menggunakan Coolant pada Air Radiator Mobil dan Mekanisme Kerjanya

Sebarkan artikel ini
fungsi air radiator pada mobil

Salah satu komponen penting dalam mobil adalah radiator. Radiator berfungsi sebagai sistem pendingin pada mesin mobil. Saat mesin mobil dinyalakan, suhu mesin dapat naik secara perlahan. Untuk mencegah terjadinya overheat, radiator memiliki peran besar dalam menjaga suhu mesin tetap optimal.

Untuk memastikan radiator berfungsi dengan baik, diperlukan komponen tambahan yaitu coolant atau cairan khusus untuk air radiator. Lantas, apa fungsi sebenarnya dari air radiator mobil ini? Artikel ini akan membahasnya secara detail.

Fungsi Air Radiator

Air radiator memiliki fungsi utama untuk menghilangkan panas yang dihasilkan oleh silinder mesin. Sebagai komponen penting, radiator berperan dalam meredam udara panas yang tercipta saat proses pembakaran dalam mesin. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan coolant berkualitas tinggi agar air radiator tahan terhadap suhu panas yang tinggi.

Baca Juga:  Pelat Nomor Kendaraan Kalimantan Selatan Berbeda dengan Daerah Lain? Temukan Alasannya!

Cara Kerja Radiator Mobil

Proses kerja radiator mobil dimulai dari aliran air (coolant) dengan suhu netral yang mengelilingi mesin untuk menyerap panas. Saat mengalir, air tersebut akan menyerap panas dan membawanya kembali ke radiator. Setelah masuk ke upper tank pada radiator, proses pendinginan akan terjadi. Selanjutnya, coolant akan menuju radiator core yang bertugas untuk memindahkan panas ke udara sekitarnya.

Baca Juga:  Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Berkurang dan Tips Menghindari Keabisan Oli

Untuk mempercepat proses pembuangan panas, radiator core didukung oleh kipas radiator yang membantu dalam menyerap udara. Hal ini memungkinkan adanya aliran udara di antara sirip-sirip udara pada radiator core. Setelah panas dipindahkan sepenuhnya ke udara dan air menjadi dingin kembali, coolant akan mengalir kembali ke mesin untuk menyerap panas.

Jenis-Jenis Air Radiator

Perlu diketahui bahwa terdapat tiga jenis air radiator yang umum digunakan oleh pabrikan mobil. Setiap jenis air radiator ini memiliki fungsi dan masa pakai yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya: