Otomotif

Mobil Tidak Bisa Distarter dan Berbunyi Tek-tek: Penyebab dan Solusinya yang Perlu Kamu Ketahui

×

Mobil Tidak Bisa Distarter dan Berbunyi Tek-tek: Penyebab dan Solusinya yang Perlu Kamu Ketahui

Sebarkan artikel ini
mobil tidak bisa di starter

WidodoLesta.com – Masalah mobil tidak bisa distarter dan berbunyi tek-tek adalah masalah umum yang sering terjadi, terutama pada mobil yang jarang dihidupkan. Ketika kunci dalam posisi hidup, tidak ada indikasi masalah yang terlihat pada lampu indikator. Namun, saat mesin dinyalakan, lampu indikator menjadi redup dan keluar bunyi tek-tek.

Pada Artikel ini kita akan memberikan penjelasan tentang alasan mobil tidak bisa distarter berbunyi tek-tek dan solusinya yang perlu kamu ketahui.

Alasan Mobil Tidak Bisa Distarter Berbunyi Tek-tek:

Berikut ini adalah 5 alasan umum mengapa mobil tidak bisa distarter dan berbunyi tek-tek:

  1. Aki Mobil Tekor: Alasan pertama adalah aki mobil yang mulai lemah. Ketika aki kehilangan daya, tidak cukup kuat untuk menyalakan mobil. Bunyi tek-tek muncul sebagai indikasi bahwa arus listrik yang dibutuhkan oleh mobil lebih besar daripada yang bisa disediakan oleh aki.
  2. Masalah Dinamo Starter dan Relay: Dinamo starter adalah komponen yang bertanggung jawab untuk memutar mesin saat mobil dinyalakan. Jika dinamo starter lemah atau bermasalah, mobil tidak dapat distarter meskipun mesin dalam kondisi panas. Relay juga bisa menjadi penyebab masalah saat mobil tidak bisa distarter.
  3. Masalah pada Busi: Masalah pada busi juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter dan berbunyi tek-tek. Korosi pada busi dapat menghambat proses pengapian, sehingga mesin tidak dapat dinyalakan dengan baik.
  4. Oli yang Tidak Naik ke Mesin: Mobil yang jarang digunakan atau dibiarkan dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan oli tidak naik ke bagian atas mesin. Hal ini dapat menyebabkan mesin tidak bekerja dengan baik dan mengeluarkan bunyi tek-tek saat distarter.
  5. Masalah pada Timing Belt: Timing belt yang bermasalah juga dapat menyebabkan mobil tidak bisa distarter dan menghasilkan bunyi kasar. Timing belt memiliki fungsi penting untuk menjaga jarak antara katup dan piston, sehingga jika timing belt rusak atau longgar, mobil menjadi sulit untuk dinyalakan.
Baca Juga:  Pentingnya Menggunakan Coolant pada Air Radiator Mobil dan Mekanisme Kerjanya

Solusi Jika Mobil Tidak Bisa Distarter Berbunyi Tek-tek:

Berikut adalah solusi yang dapat kamu coba jika mobil tidak bisa distarter berbunyi tek-tek:

  1. Periksa kondisi aki mobil. Pastikan tegangan aki mencukupi dan cek indikator aki apakah masih baik.
  2. Periksa dinamo starter dan relay. Jika ada masalah, segera lakukan perbaikan atau ganti komponen yang rusak.
  3. Periksa kondisi busi. Jika busi terkorosi, ganti busi yang baru.
  4. Pastikan oli sudah naik ke mesin dengan menunggu beberapa saat sebelum mencoba distarter kembali.
  5. Periksa timing belt. Jika timing belt rusak atau longgar, segera ganti dengan yang baru.
  6. Jika mobil tetap tidak bisa distarter setelah mencoba solusi di atas, sebaiknya bawa mobil ke bengkel yang terpercaya untuk diperiksa lebih lanjut.
Baca Juga:  Tips Merawat Suspensi Sepeda Motor

Menghadapi masalah mobil tidak bisa distarter dan berbunyi tek-tek memang dapat membingungkan, namun dengan pengetahuan dan pemahaman yang tepat, kamu dapat mencari solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Selalu ingat untuk selalu menjaga keadaan mobil dengan melakukan perawatan secara berkala agar dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah pada mobil.