Uncategorized

Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas pada 9 Waktu Mustajab

×

Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas pada 9 Waktu Mustajab

Sebarkan artikel ini
niat puasa rajab

Surat Al Ikhlas, yang juga dikenal sebagai surat Qulhu, adalah surat ke-112 dalam Al Quran. Surat ini secara khusus membahas tentang tauhid dan adab bertauhid. Selain itu, terdapat waktu-waktu mustajab yang sangat dianjurkan untuk membaca surat Al Ikhlas. Berikut adalah waktu-waktu tersebut:

  1. Pagi dan Sore Hari

Saluran Youtube Quranic Healing merekomendasikan umat Islam membaca surat Al Ikhlas bersama dengan dua surat lain: Al Falaq dan An Naas. Ketiga surat tersebut dapat dibaca tiga kali masing-masing. Membaca ketiganya secara bersamaan memberikan keutamaan dengan menjaga dari segala keburukan.

  1. Sebelum Tidur

Waktu yang mustajab untuk membaca surat Al Ikhlas adalah sebelum tidur. Surat ini bisa dibaca bersama dengan Al Falaq dan An Naas. Terdapat riwayat bahwa Rasulullah SAW biasa mengumpulkan kedua telapak tangannya, meniupnya, dan kemudian membaca ketiga surat tersebut. Lalu, beliau mengusapkan telapak tangannya pada bagian tubuh yang dapat dijangkau seperti kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Praktik ini dapat diulangi hingga tiga kali.

  1. Saat Sakit atau Meruqyah
Baca Juga:  Layangan Putus The Movie: Mengungkap Kisah Perjuangan Cinta Mas Aris, Lydia, dan Kinan

Ketika meruqyah atau ketika sedang dalam kondisi sakit, membaca surat Al Ikhlas sangat dianjurkan. Rasulullah SAW saat sakit meminta Aisyah untuk melakukan apa yang biasa beliau lakukan sebelum tidur. Yakni meniup kedua telapak tangannya, membaca ketiga surat tersebut, dan mengusapkan telapak tangannya pada bagian tubuh yang dapat dijangkau seperti kepala, wajah, dan tubuh bagian depan sebanyak tiga kali.

  1. Setelah Salam dalam Shalat

Setelah salam dalam shalat, dianjurkan membaca surat Al Ikhlas, An Naas, dan Al Falaq masing-masing satu kali. Rasulullah SAW pernah memerintahkan untuk membacanya setelah salam dalam shalat.

  1. Sholat Sunah Fajar

Ketika mengerjakan shalat sunah fajar, sangat dianjurkan membaca surat Al Ikhlas dan Al Kafirun. Surat ini menghadirkan keutamaan khusus saat mengerjakan shalat sunah fajar atau qobliyah (sebelum) subuh. Rasulullah SAW menjelaskan bahwa surat Al Ikhlas dan Al Kafirun sangat baik dibaca dalam dua rakaat shalat tersebut.

  1. Shalat Sunnah Badiyah Magrib
Baca Juga:  Kalender Hijriah

Selain itu, surat Al Ikhlas juga dianjurkan untuk dibaca saat mengerjakan shalat sunnah badiyah (setelah) magrib. Rasulullah SAW sering membaca surat Al Kafirun di rakaat pertama setelah Al Fatihah dan surat Al Ikhlas di rakaat kedua setelah Al Fatihah.

  1. Shalat Witir 3 Rakaat

Dalam shalat witir tiga rakaat, Rasulullah SAW membaca surat Al A’laa pada rakaat pertama, Al Kafirun pada rakaat kedua, dan Al Ikhlas beserta Al Falaq dan An Nas pada rakaat ketiga.

  1. Sholat Magrib pada Malam Jumat

Rasulullah SAW sering membaca surat Al Kafirun dan Al Ikhlas dalam shalat magrib pada malam Jumat yang memiliki keutamaan tersendiri.

  1. Setelah Thawaf di Belakang Maqam Ibrahim

Rasulullah SAW mempraktikkan membaca surat Al Kafirun dan Al Ikhlas setelah thawaf di belakang Maqam Ibrahim.