Uncategorized

Menghadapi Malam Nisfu Syaban. Berikut Amalan dan Doanya

×

Menghadapi Malam Nisfu Syaban. Berikut Amalan dan Doanya

Sebarkan artikel ini
membaca alquran

Malam Nisfu Syaban, yang jatuh pada pertengahan bulan Syaban dalam kalender Hijriah, mempunyai makna dan nilai spiritual yang penting bagi umat muslim.

Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk melakukan ibadah khusus pada malam Nisfu Syaban. Pada malam ini, Allah SWT akan mengampuni dosa kaum mukminin, menangguhkan hukuman bagi orang kafir, dan mengabaikan para pendengki.

Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban:

  1. Membaca Surah Yasin

Membaca Surah Yasin sebanyak tiga kali merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam Nisfu Syaban.

Baca Juga:  Lowongan Kerja di Sampit

Setelah membaca Surah Yasin pertama, bacalah niat agar diberikan umur yang panjang. Kemudian lanjutkan dengan membaca Surah Yasin yang kedua, setelah selesai kemudian membaca  niat untuk menolak segala bala. Setelah itu, bacalah Surah Yasin yang ketiga dan selanjutnya baca niat untuk hanya berharap kepada Allah SWT semata.

  1. Membaca Doa Nisfu Syaban

Setelah membaca Surah Yasin, ada doa khusus yang dapat dibaca pada malam Nisfu Syaban. Berikut adalah bacaannya:

 

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

Baca Juga:  Cara Mandi Wajib Beserta Niatnya

 

Latin: Allaahumma innaka ‘afuwwung- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia, dan akhirat.”

Selain itu, selama malam Nisfu Syaban, disarankan untuk memperbanyak ibadah seperti salat sunnah, membaca Al-Quran, berdzikir, dan berdoa.