Uncategorized

Doa Nabi Muhammad yang Terkandung dalam Al-Quran: Mengirim Harapan dan Permohonan kepada Allah

×

Doa Nabi Muhammad yang Terkandung dalam Al-Quran: Mengirim Harapan dan Permohonan kepada Allah

Sebarkan artikel ini
al quran

WidodoLesta.com – Doa memiliki peran penting dalam berhubungan dengan Allah SWT, di mana kita dapat menyampaikan harapan dan permohonan kita kepada-Nya. Dalam sejarah hidup Nabi Muhammad SAW, beliau banyak memanjatkan doa-doa yang kemudian terabadikan dalam Al-Qur’an.

Al-Qur’an dan hadits memberikan banyak penjelasan tentang pentingnya berdoa. Bahkan, Allah SWT memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk selalu memohon dan berdoa, seperti yang termaktub dalam Surah Ghafir ayat 60.

 

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Artinya: Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Baca Juga:  Standoff: Penyelamatan Seorang Gadis dari Ancaman Maut

Buku “Doa dalam Al-Quran dan Sunnah” karya M. Quraish Shihab mengungkapkan bahwa Al-Qur’an terdiri dari serangkaian doa-doa. Surah pembuka Al-Fatihah adalah contohnya. Pembukaan ini memberikan pengajaran tentang bagaimana memulai doa dengan memuji Allah dan menyadarkan kita akan kekuasaan-Nya, sebelum kita beralih kepada permohonan untuk diberi petunjuk jalan yang lurus.

Baca Juga:  Cara Cek Penerima BLT BBM bagi Pekerja atau Karyawan

Selain itu, dalam Al-Qur’an juga terdapat doa-doa yang dipanjatkan oleh para nabi dan rasul, termasuk Nabi Muhammad SAW. Inilah beberapa doa Nabi Muhammad SAW yang diabadikan dalam Al-Qur’an:

 

  1. Surah Ali Imran ayat 26-27

اللّٰهُمَّ مٰلِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِى الْمُلْكَ مَنْ تَشَاۤءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاۤءُۖ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاۤءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاۤءُۗ بِيَدِكَ الْخَيْرُۗ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. تُوْلِجُ الَّيْلَ فِى النَّهَارِ وَتُوْلِجُ النَّهَارَ فِى الَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاۤءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ