Teknologi

Manfaat Aplikasi VPN yang Perlu Kalian Ketahui

×

Manfaat Aplikasi VPN yang Perlu Kalian Ketahui

Sebarkan artikel ini
aplikasi vpn

WidodoLesta.com – VPN singkatan dari Virtual Private Network, telah menjadi aplikasi yang umum digunakan di perangkat smartphone kita saat ini. Banyak orang masih belum menyadari bahwa Aplikasi VPN memiliki banyak manfaat, meski seringkali dianggap sepele dan dikaitkan dengan konotasi negatif terkait penggunaannya. Data yang dilansir oleh Kaspersky, perusahaan keamanan siber terkenal, mengungkapkan beberapa manfaat  Aplikasi VPN. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

  1. Menonton acara olahraga atau TV dari luar negeri

Sering kali, ketika berada di luar negeri atau sedang berlibur, penggemar olahraga mendapati diri mereka frustrasi karena pertandingan sepak bola, basket, atau olahraga lainnya yang mereka sukai tidak disiarkan di negara tersebut. Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang ingin menonton acara TV lokal yang tidak populer di luar negeri. Namun, dengan VPN, Anda dapat mengatasi masalah tersebut. VPN memungkinkan akses ke jaringan atau konten lokal, di mana pun Anda berada.

  1. Menghindari pembatasan kecepatan internet

Banyak ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet membatasi kecepatan koneksi internet, terutama di jaringan seluler atau tempat-tempat umum. Hal ini sering terjadi saat mengakses situs web dengan video atau saat mengunduh file berukuran besar. Namun, dengan menggunakan VPN, Anda dapat melampaui pembatasan kecepatan internet dan mengalami koneksi yang lebih cepat.

  1. Akses game dari wilayah yang diinginkan
Baca Juga:  Inovasi Terkini Samsung Galaxy S24 Ultra: Ponsel Canggih dengan Fitur AI

Banyak game multipemain memiliki server yang tersebar di seluruh dunia, dan bergantung pada wilayah tempat Anda terkoneksi, Anda akan bermain di server terdekat. Namun, ini juga bisa menjadi masalah karena mungkin ada sedikit pemain yang sesuai dengan waktu yang Anda mainkan atau tim Anda memilih server yang sangat spesifik. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat terhubung ke server terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, memastikan koneksi yang stabil dan jeda rendah saat bermain game.

  1. Mendapatkan harga lebih murah saat berbelanja online

Harga barang atau layanan sering kali berbeda secara signifikan antara negara karena perbedaan dalam kebijakan harga atau penawaran promosi. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengubah alamat IP Anda dan mengakses toko online versi regional, di mana Anda bisa mendapatkan penawaran musiman dan diskon terbaik. Pastikan VPN Anda menawarkan server di negara-negara yang Anda minati untuk memaksimalkan manfaat ini.

  1. Melindungi privasi saat menggunakan jaringan publik
Baca Juga:  Oppo Reno 11 5G : Spesifikasi dan Harga Terbaru di Pasaran Indonesia

Ketika terhubung ke jaringan publik seperti Wi-Fi di bandara, hotel, atau kafe, perangkat Anda rentan terhadap risiko keamanan dan pencurian data. Dengan menggunakan VPN yang terenkripsi, Anda dapat melindungi aktivitas online Anda dari mata-mata dan ancaman keamanan. Layanan VPN seperti Kaspersky VPN Secure Connection juga dapat dikonfigurasi untuk secara otomatis menyambungkan Anda ke VPN saat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tidak aman, memberikan perlindungan tambahan.

  1. Bypass pemblokiran geografis dan akses situs web yang diblokir

Beberapa situs web membatasi aksesnya dari negara lain karena alasan hukum atau keamanan. Namun, dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengalihkan koneksi Anda melalui server di negara yang memungkinkan akses tersebut. Sebaliknya, ketika Anda berada di negara yang memblokir akses ke layanan dan aplikasi populer, VPN memungkinkan Anda tetap terhubung dan menggunakan layanan dengan bebas.