Tips

Cara Menghemat Baterai iPhone agar Tidak Sering Ngecas

×

Cara Menghemat Baterai iPhone agar Tidak Sering Ngecas

Sebarkan artikel ini
iphone se 2022 starlight back in hand

WidodoLesta.com – Anda pengguna iPhone? Jika ya, mungkin Anda sering merasa bahwa baterai ponsel cepat habis. Hal ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika Anda sering harus mengisi daya berulang kali. Penyebab baterai iPhone cepat habis bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan intens yang berlebihan, usia baterai yang sudah tua, serta pengaturan ponsel yang kurang tepat.

Untuk Anda yang ingin mencoba menghemat penggunaan baterai iPhone saat beraktivitas sehari-hari, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

  1. Cek aplikasi yang menguras baterai: Beberapa aplikasi, seperti game atau GPS, dapat menguras daya baterai dengan cepat. Untuk menghemat baterai, kurangi penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut. Anda juga bisa menggunakan fitur “Battery” di menu “Setelan” untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya baterai dalam 24 jam terakhir atau delapan hari terakhir.
  2. Kurangi kecerahan layar: Mengurangi kecerahan layar dapat membantu menghemat baterai. Anda bisa menggesek ke bawah pada Pusat Kontrol dan mengatur tingkat kecerahan layar, atau melalui menu “Tampilan & Kecerahan” di Pengaturan ponsel. Selain itu, mematikan layar saat tidak digunakan dan beralih ke mode gelap/dark mode juga dapat mengurangi penggunaan energi.
  3. Gunakan mode pesawat: Sinyal seluler dapat menguras baterai dengan cepat. Jika Anda berada di daerah dengan sinyal seluler yang lemah, alangkah baiknya Anda mengubah ponsel ke mode pesawat sampai Anda benar-benar perlu terhubung ke internet. Anda bisa mengaktifkan mode pesawat melalui Pusat Kontrol.
  4. Matikan Bluetooth: Jika Bluetooth aktif terus menerus, baterai Anda akan cepat habis. Putuskan koneksi Bluetooth jika tidak diperlukan, apalagi jika baterai ponsel sedang dalam kondisi rendah. Lebih disarankan menggunakan earphone berkabel daripada nirkabel jika tidak mengisi daya untuk waktu yang lama.
  5. Batasi aplikasi yang berjalan di latar belakang: Beberapa aplikasi masih tetap aktif di latar belakang meskipun tidak digunakan, hal ini dapat menguras baterai dengan cepat. Anda bisa memeriksa dan mengontrol aplikasi mana yang diizinkan untuk berjalan di latar belakang melalui menu “General” dan “Background App Refresh”. Matikan latar belakang aplikasi yang tidak penting.
  6. Aktifkan mode daya rendah: Mode daya rendah adalah fitur penghemat baterai pada iPhone. Anda bisa mengaktifkannya kapan pun Anda mau melalui menu “Settings” > “Battery”. Mengaktifkan mode ini akan membantu mengurangi penggunaan daya baterai secara signifikan.
  7. Nonaktifkan fitur Siri: Mematikan fitur mendengarkan aktif Siri dapat meningkatkan waktu penggunaan baterai. Jika iPhone selalu mendengarkan saat Anda berkata “Hai Siri,” hal ini akan menguras baterai lebih cepat. Anda bisa mematikan fitur ini melalui menu “Pengaturan” > “Siri & Pencarian”. Nonaktifkan opsi “Dengarkan ‘Hey Siri’”.
Baca Juga:  Tips Menjaga Cat Mobil agar Tetap Awet Kiclong dan Terlindungi

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menghemat baterai iPhone Anda agar tidak sering harus mengisi daya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat