Uncategorized

Top 10 Negara dengan Produksi Minyak Bumi Terbesar di Dunia

×

Top 10 Negara dengan Produksi Minyak Bumi Terbesar di Dunia

Sebarkan artikel ini
kilang minyak

WidodoLesta.com – Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang sangat berharga dan memiliki pengaruh besar dalam ekonomi global. Berikut adalah daftar sepuluh negara dengan produksi minyak bumi terbesar di dunia, berdasarkan data terbaru dari Enerdata.

 

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan produsen minyak bumi terbesar di dunia dengan produksi mencapai 762 juta metrik ton. Industri minyak bumi di negara ini sudah berkembang sejak penemuan minyak pada tahun 1859 di Oil Creek, Pennsylvania. Amerika Serikat juga merupakan produsen minyak mentah terbesar global dengan kontribusi sekitar 15% dari total produksi dunia.

Baca Juga:  Transformasi Identitas Kependudukan: Perlahan dari e-KTP ke Identitas Kependudukan Digital (IKD)

 

  1. Arab Saudi

Arab Saudi menempati posisi kedua sebagai produsen minyak bumi terbesar di dunia dengan produksi sebanyak 601 juta metrik ton pada tahun 2022. Negara ini memiliki cadangan minyak bumi yang sangat besar, menyumbang sekitar 17% dari total cadangan dunia. Selain itu, Arab Saudi juga kaya akan sumber daya alam lainnya seperti gas alam, bijih besi, emas, dan tembaga.

 

  1. Rusia

Rusia merupakan negara anggota BRICS yang memiliki produksi migas terbesar di dunia. Produksi minyak di Rusia mencapai 11 juta barel per hari, menjadikannya sebagai negara eksportir gas alam terbesar di dunia. Selain itu, Rusia juga memiliki cadangan batu bara terbesar kedua dan cadangan minyak terbesar keenam di dunia.

Baca Juga:  Pahami Kepribadian Seseorang Melalui Posisi Duduk mereka

 

  1. Kanada

Kanada memproduksi minyak bumi sebanyak 270 juta metrik ton per tahun. Negara ini sedang melakukan ekspansi produksi melalui jaringan pipa Trans Mountain yang menghubungkan wilayah Alberta dengan Pantai Barat. Dengan perluasan ini, produksi minyak mentah di Kanada diharapkan mencapai 890.000 barel per hari.