Kesehatan

Tahukah Anda? Ciri-ciri dari Hipertensi dan Kapan Harus Berkonsultasi ke Dokter

×

Tahukah Anda? Ciri-ciri dari Hipertensi dan Kapan Harus Berkonsultasi ke Dokter

Sebarkan artikel ini
hipertensi

WidodoLesta.com – Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi di mana tekanan darah melebihi batas normal. Peningkatan tekanan darah dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan serius seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengenali ciri-ciri penting dari hipertensi dan mengetahui kapan harus berkonsultasi dengan dokter. Berikut ini penjelasannya:

  1. Sakit Kepala: Salah satu tanda umum hipertensi adalah adanya sakit kepala. Tekanan darah tinggi meningkatkan tekanan pada pembuluh darah otak, menyebabkan sakit kepala.
  2. Kelelahan: Kelelahan berlebihan juga merupakan salah satu ciri dari tekanan darah tinggi. Hipertensi dapat merusak pembuluh darah dan memaksa jantung bekerja lebih keras, yang pada akhirnya menyebabkan kelelahan.
  3. Penglihatan Kabur: Gangguan penglihatan atau penglihatan kabur juga dapat terjadi akibat kerusakan pembuluh darah di mata yang disebabkan oleh hipertensi.
  4. Sesak Napas: Hipertensi dapat mempengaruhi pembuluh darah yang menuju paru-paru, menyebabkan sesak napas karena kerja keras jantung untuk memompa darah.
  5. Detak Jantung yang Terasa Kuat: Sensasi detak jantung yang kuat atau tidak teratur bisa menjadi tanda hipertensi. Tekanan darah tinggi memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, menciptakan denyutan yang terasa lebih kuat.
  6. Mimisan: Hipertensi dapat merusak pembuluh darah di kepala dan leher, dan dalam beberapa kasus, bisa menyebabkan mimisan.
  7. Mual/Muntah: Hipertensi dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh termasuk lambung, yang dapat menyebabkan mual dan muntah.
  8. Pingsan: Jika tekanan darah tinggi tidak terkendali, seseorang bisa mengalami pingsan atau kehilangan kesadaran. Kondisi ini terjadi karena tekanan darah yang ekstrem mempengaruhi aliran darah ke otak.
Baca Juga:  Rahasia Meningkatkan Tinggi Badan Secara Alami dengan Cepat

 

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Jika Anda mengalami salah satu dari ciri-ciri di atas, segera berkonsultasi dengan dokter. Hipertensi yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Di situasi krisis hipertensi, di mana tekanan darah mencapai angka 180/120 atau lebih tinggi, gejala seperti sakit kepala dan mimisan bisa terjadi. Jika situasi ini terjadi, istirahat sejenak selama 5 menit dan periksa tekanan darah lagi. Jika tetap tinggi, segera datangi klinik atau rumah sakit terdekat.

Baca Juga:  Strategi Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi untuk Mencegah Risiko Stroke