Uncategorized

Rekrutmen CPNS 2024: Panduan dan Link Pendaftaran Akun SSCASN

×

Rekrutmen CPNS 2024: Panduan dan Link Pendaftaran Akun SSCASN

Sebarkan artikel ini
portal sscasn

Rekrutmen CPNS 2024 akan segera dibuka dan dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah beserta link untuk membuat akun SSCASN dan mendaftar CPNS 2024.

Berita baik bagi para pencari kerja, pemerintah telah mengumumkan rencana pembukaan Rekrutmen CPNS 2024 dengan jumlah posisi yang mencapai 2,3 juta. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan bahwa rekrutmen ini akan memprioritaskan formasi guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis yang sesuai dengan kebutuhan yang ada (Jumat, 5/1).

Dari total 2,3 juta posisi yang tersedia, sebanyak 690 ribu formasi CPNS tahun 2024 akan ditujukan bagi lulusan baru atau fresh graduate. Selain itu, juga akan ada penataan tenaga non-ASN dengan merekrut 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Namun, sebelum dapat mendaftar Rekrutmen CPNS 2024, setiap calon pelamar diwajibkan mempunyai akun di portal SSCASN. Meskipun tanggal resmi pembukaan pendaftaran belum diumumkan, penting bagi Anda yang belum memiliki akun SSCASN untuk mengetahui cara membuat akun tersebut.

Baca Juga:  Kenapa 23 Mei 2024 Hari Libur Nasional ? Penjelasannya Ada di Sini

Berikut adalah panduan lengkap cara membuat akun SSCASN CPNS 2024:

  1. Akses portal SSCASN melalui link berikut: sscasn.bkn.go.id.
  2. Pada halaman utama, klik menu “Buat Akun”. Kemudian, kamu akan dibawa ke langkah pertama, yakni “Pengecekan Identitas”.
  3. Isi data diri sesuai KTP seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.
  4. Masukkan nomor handphone dan email pribadi yang valid.
  5. Masukkan kode CAPTCHA yang ditampilkan.
  6. Setelah mengisi data tersebut, klik “Lanjutkan”.
  7. Selanjutnya, akan muncul tampilan langkah kedua, yakni “Lengkapi Data”.
  8. Isi informasi tambahan seperti Email, Nama Tanpa Gelar (sesuai dengan ijazah), Tempat Lahir (sesuai KTP), Kab/Kota Lahir (sesuai ijazah), dan Tanggal Lahir (sesuai ijazah).
  9. Pilih jenis kelamin sesuai dengan identitas Anda.
  10. Unggah scan foto KTP dan foto swafoto sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  11. Klik “Lanjutkan”.
  12. Di langkah ketiga, Anda akan diminta untuk melakukan pengecekan ulang terhadap data yang telah diisi sebelumnya.
  13. Pastikan data yang telah dimasukkan sudah benar. Jika sudah sesuai, Anda dapat mencetak Kartu Informasi Pendaftaran dengan memilih “Cetak Informasi Pendaftaran”.
  14. Setelah mencetak Kartu Informasi Pendaftaran, lanjutkan dengan proses “Login Pendaftaran”.
Baca Juga:  Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas pada 9 Waktu Mustajab

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat akun SSCASN yang diperlukan untuk mendaftar dalam Rekrutmen CPNS 2024. Ingatlah untuk selalu melihat pengumuman resmi terkait tanggal pembukaan pendaftaran sebelum memulai proses pendaftaran.