Teknologi

Perbedaan HDD dan SSD

×

Perbedaan HDD dan SSD

Sebarkan artikel ini
ssd hdd

Dari saya mulai belajar dan mengenal komputer hingga sekarang ini standard penyimpanan pada komputer maupun laptop masih menggunakan hardisk atau HDD. Dulu pertama kali saya punya komputer kalau gak salah kapasitas hardisknya Cuma 40 Gb, namun seiring berjalannya waktu perkembangan media penyimpanan juga ikut berkembang dari yang dulunya kapasitasnya kecil yang cuma puluhan Gb hingga sekarang kapasitasnya sudah pakai tera.

Dan sekarang ini ada media penyimpanan yang lebih bagus lagi dibanding hardisk,namanya SSD, SSD merupakan hasil pengembangan dari HDD, hanya saja untuk SSD penyimpanan datanya tidak menggunakan lapisan magnetik seperti HDD namun menggunakan chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain,dengan kapasitas yang sama harga SSD jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Terus apa perbedaannya antara HDD dan SSD ?

Ukuran

Komponen atau material yang terdapat pada HDD, seperti platter, head, dll sangat berpengaruh terhadap ukuran atau dimensi serta berat dari HDD. Karena teknologi HDD sangat bergantung pada putaran piringan, hal ini membuat batasan seberapa kecil HDD dapat diproduksi. Sedangkan SSD terbebas dari batasan tersebut, sehingga ukuran SSD dapat disusutkan seiring dengan perkembangan zaman.

Baca Juga:  Oppo Menghadirkan ColorOS 14, Inilah Pembaruan dan Fitur Terbaru

SSD yang tersedia sekarang adalah 2,5 inci, itu berarti SSD ini hanya diperuntukan untuk penggunaan laptop. Seiring dengan semakin kecilnya ukuran laptop dan semakin banyaknya pengguna PC tablet untuk menjelajahi web, Anda akan melihat kemampuan SSD yang dapat beradaptasi dengan mudah dengan ukuran laptop/tablet.

Baca Juga:  Cara Melacak HP Android Hilang

Komponen dan prinsip kerja

Bagian mekanik HDD terdiri atas piringan, motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung ke komponen elektronik dan ujungnya menempel ke piringan yang bertugas untuk membaca,menulis serta menghapus data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *