Otomotif

Mesin 2 Tak vs. 4 Tak: Perbedaan dan Kelebihan Masing-masing

×

Mesin 2 Tak vs. 4 Tak: Perbedaan dan Kelebihan Masing-masing

Sebarkan artikel ini
mesin 4 tak vs 2 tak

WidodoLesta.com – Ketika berbicara tentang mesin dalam dunia otomotif, ada dua jenis mesin yang umum digunakan, yaitu mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Mesin-mesin ini memiliki perbedaan dalam cara kerja dan karakteristiknya sendiri. Mari kita bahas perbedaan antara mesin 2 tak dan 4 tak serta kelebihan dan kekurangannya.

  1. Cara Kerja:

– Mesin 2 Tak: Mesin 2 tak bekerja dengan melakukan proses pembakaran dalam dua langkah. Dalam satu putaran poros engkol, mesin ini melakukan langkah kompresi dan langkah pembakaran.

– Mesin 4 Tak: Mesin 4 tak bekerja melalui proses yang lebih kompleks dalam empat langkah, yaitu hisap, kompresi, langkah pembakaran, dan buang.

Baca Juga:  Tutorial: Cara Jumper Aki Mobil yang Benar dan Aman

 

  1. Keuntungan Mesin 2 Tak:

– Lebih ringan dan sederhana: Mesin 2 tak memiliki desain yang lebih sederhana dan memiliki jumlah komponen yang lebih sedikit, sehingga lebih ringan dan mudah dipasang di dalam kendaraan.

– Lebih bertenaga: Mesin 2 tak biasanya menghasilkan tenaga yang lebih besar daripada mesin 4 tak dengan ukuran yang sama, karena adanya satu langkah pembakaran dalam satu putaran poros engkol.

– Lebih mudah dalam perawatan: Karena jumlah komponen yang lebih sedikit, mesin 2 tak memiliki perawatan yang lebih sederhana dan biaya perawatannya biasanya lebih rendah.

Baca Juga:  Anak di Bawah Umur di Larang Naik Motor

 

  1. Keuntungan Mesin 4 Tak:

– Lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar: Mesin 4 tak menggunakan siklus empat langkah yang lebih efisien, menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin 2 tak.

– Lebih ramah lingkungan: Mesin 4 tak menciptakan emisi gas buang yang lebih rendah dan memiliki suara yang lebih tenang dibandingkan dengan mesin 2 tak.

– Lebih tahan lama: Karena pembakaran terjadi setiap dua putaran poros engkol, mesin 4 tak umumnya memiliki umur pakai yang lebih panjang daripada mesin 2 tak.