Kesehatan

Mengulas Keajaiban Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh dan Saraf

×

Mengulas Keajaiban Daun Seledri untuk Kesehatan Tubuh dan Saraf

Sebarkan artikel ini
daun seledri

WidodoLesta.com – Seledri, sayuran yang termasuk dalam keluarga Apiaceae atau wortel, tidak hanya memberikan sensasi renyah dan rendah kalori bagi camilan sehat Anda. Ternyata, daun seledri juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh. Apakah Anda penasaran apa saja manfaatnya? Mari kita ulas lebih lanjut tentang kandungan nutrisi dan manfaat daun seledri ini.

Seledri mengandung beragam zat gizi mikro yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dalam setiap 40 gram seledri, terkandung kalori sebanyak 5,6, lemak sebanyak 0,1 gram, sodium sebanyak 32 gram, karbohidrat sebanyak 1,2 gram, serat sebanyak 0,6 gram, gula sebanyak 0,5 gram, protein sebanyak 0,3 gram, potasium sebanyak 104 miligram, sodium sebanyak 32 miligram, fosfor sebanyak 9,6 miligram, vitamin A sebanyak 8,8 mikrogram, folat sebanyak 14,4 mikrogram, dan vitamin K sebanyak 11,7 mikrogram.

Ketika dikonsumsi, daun seledri ini memberikan banyak manfaat kesehatan yang penting bagi tubuh. Meskipun nutrisinya terdapat dalam jumlah relatif kecil, namun perlu diingat bahwa seledri bukanlah satu-satunya sumber gizi yang harus dikonsumsi. Meski begitu, inilah 12 manfaat seledri yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga:  Mengungkap Rahasia Kesehatan Tubuh dengan Mengonsumsi Buah Naga yang Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Mendukung kesehatan jantung: Seledri menyediakan kandungan air yang tinggi serta vitamin dan mineral penting seperti potasium dan kalsium untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan folat dan vitamin K dalam seledri juga membantu dalam pembentukan sel darah merah dan pembekuan darah yang efektif.

Baca Juga:  Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

2. Menjaga fungsi pencernaan: Kandungan serat dalam seledri baik untuk fungsi pencernaan tubuh. Fitonutrien pada daun seledri juga melindungi mukosa pencernaan dan dapat mencegah tukak lambung.

3. Mengontrol tekanan darah: Beberapa praktisi pengobatan Cina menggunakan ekstrak biji seledri untuk menurunkan tekanan darah. Studi menunjukkan bahwa ekstrak biji seledri memiliki efek penurunan tekanan darah dan peningkatan detak jantung pada tikus dengan tekanan darah tinggi.