Kesehatan

Makanan untuk Kesehatan Arteri dan Jantung Supaya Terbebas dari Penyumbatan

×

Makanan untuk Kesehatan Arteri dan Jantung Supaya Terbebas dari Penyumbatan

Sebarkan artikel ini
kesehatan jantung

WidodoLesta.com – Kesehatan jantung sangatlah penting karena jantung berperan sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh. Ketika terjadi masalah pada jantung, maka organ tubuh lainnya juga akan terpengaruh. Penyakit jantung biasanya disebabkan oleh penyumbatan pada pembuluh arteri, yang menghambat aliran darah ke jantung. Istilah medis untuk kondisi ini disebut aterosklerosis. Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu ‘membersihkan’ arteri dan mencegah penyumbatan. Mari simak beberapa makanan tersebut:

  1. Minyak Zaitun Ekstra Virgin: Mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan aterosklerosis. Asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun juga membantu menurunkan kadar kolesterol.
  2. Buah-buahan: Kaya serat, vitamin, dan mineral. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan jantung adalah beri dan jeruk.
  3. Cokelat Hitam: Mengandung senyawa tanaman polifenol yang membantu melawan aterosklerosis dan meningkatkan fungsi fisik pada penderita penyakit tersebut. Tetaplah memilih cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi.
  4. Ikan: Kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Beberapa jenis ikan yang baik untuk mengatasi penyumbatan arteri adalah sarden, makarel, salmon, dan haring.
  5. Sayuran Berdaun Hijau: Seperti selada, bayam, dan kangkung, kaya akan nutrisi dan serat yang membantu mencegah aterosklerosis serta meningkatkan fungsi pembuluh darah.
  6. Kunyit: Mengandung kurkumin, sebuah senyawa anti-inflamasi yang dapat mengurangi kerusakan pada arteri dan pembekuan darah.
  7. Biji Rami: Kaya serat, lemak sehat, vitamin, mineral, kalsium, magnesium, dan lignan. Biji rami juga merupakan makanan yang baik untuk mencegah penyumbatan arteri dan melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.
  8. Buah Bit: Mengandung nitrat, memperbaiki fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Menambah buah bit dalam diet Anda dapat membantu mencegah aterosklerosis.
  9. Rempah-rempah: Seperti jahe, merica, cabai, dan kayu manis, mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan arteri.
  10. Bawang Bombay: Dilengkapi dengan senyawa sulfur yang melindungi pembuluh darah, mencegah peradangan, dan meningkatkan ketersediaan oksida nitrat.
Baca Juga:  Dampak Negatif Minum Teh Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Makanan-makanan ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan arteri dan jantung. Namun, penting untuk mengolah dan mengonsumsinya dengan sedikit garam dan gula demi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan menjaga pola makan yang sehat dan beragam, Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan.

Baca Juga:  Rahasia Meningkatkan Tinggi Badan Secara Alami dengan Cepat