Otomotif

Kawasaki Ninja 250 FI Tidak Bisa di Starter

×

Kawasaki Ninja 250 FI Tidak Bisa di Starter

Sebarkan artikel ini
ninja
Kawasaki Ninja 250 FI

WidodoLesta.com – Buat kalian yang punya motor Kawasaki Ninja 250 FI atau Z250 jangan panik apabila tiba-tiba motornya tidak bisa distarter dan gak usah langsung dibawa ke bengkel, menurut pengalaman saya dan dari hasil referensi dari sana sini juga penyebabnya bisa jadi karena akinya udah KO alias drop dan sudah saatnya harus diganti, bisa jadi karena bendiknya rusak dan perlu diganti, karena dari beberapa referensi yang saya baca bahwa bendik Ninja 250 FI ini sering banget bermasalah.

Terus untuk menentukan bahwa yang harus diganti itu aki atau bendiknya itu gimana, ada yang sudah tahu gak… bagi kalian yang udah ahli dibidang otomotif pasti bisalah tapi bagi yang awam saya yakin pasti bingung dan ujung-ujungnya dibawa ke bengkel.

Sebenarnya untuk Kawasaki Ninja 250 atau Z250 tanda-tanda aki sudah harus siap-siap untuk diganti itu sudah bisa dibaca pada saat kita starter motor, apabila lampu dispidometer mati bersamaan kita starter itu tandanya akinya udah mulai KO,meskipun masih bisa bunyi namun kalian harus mulai nabung persiapan untuk beli aki yang baru. Harga aki yang baru lumayan menguras kantong lo bro… kalau yang asli harganya di tempat saya sekitar Rp 1 jutaan, kalau yang lokal sekitar Rp 600 ribu.

Baca Juga:  Mengenal Kiprok pada Sepeda Motor: Fungsi dan Tanda-Tandanya ketika Rusak

Apabila akinya masih bagus dan si Ninja 250 gak bisa hidup berarti kemungkinan besar bendiknya yang kena dan perlu diganti, dan kalau beli yang baru dan ori harga bendiknya mahal, hampir Rp 500 ribu bro… wakkk… untuk menyiasati harga bendik yang mahal kebanyakan mengganti bendik Ninja 250 dengan bendik Yamaha Bison atau Xeon.

Untuk bendik Yamaha Bison atau Xeon bentuknya hampir sama dengan Kawasaki Ninja 250 FI, yang membedakan adalah posisi min (-) dan Plus (+) harus terbalik dan ada tanda sambungan dari kutub plus (+) ke sekring, dan sekring Yamaha Bison atau Xeon 15 Ampere sedangkan Ninja 250 FI 30 Ampere.

Baca Juga:  Starter Honda Beat Cetek - Cetek

Untuk pemasangan bendik posisinya dibawah jok dekat tempat aki, untuk menggantinya kalian siapkan kunci L , obeng Plus (+) dan tang. Cara mengganti bendik adalah:

Lepaskan jok ninja 250 FI kalian, setelah terbuka kemudian buka penutup aki, lepaskan aki kalian dari motor.

Bendik Ninja 250 FI

Cabut soket yang nancap pada bendik serta baut min (-) dan Plus (+) menggunakan kunci L, setelah soket dan baut sudah terlepas tarik bendik dari tempatnya.

Selanjutnya pindahkan sekring pada bendik Ninja 250 FI ke bendik Yamaha Bison atau Xeon yang akan digunakan sebagai pengganti, karena arus untuk starter Ninja 250 lebih besar dibanding Yamaha Bison, kalau gak diganti bakalan cepet putus sekringnya. Selanjutnya pasang bendik yang baru ke tempatnya. Dan jangan lupa untuk pemasangan kabelnya jangan sampai keliru karena posisi min (-) dan Plus (+) bendik Ninja 250 dan Yamaha Bison atau Xeon ada perbedaan, untuk lebih jelasnya bisa dilihat digambar berikut ini.

bendik ninja fi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *