Uncategorized

Doa Penuh Kehormatan untuk Ibu dan Ayah: Arab, Latin, dan Terjemahan

×

Doa Penuh Kehormatan untuk Ibu dan Ayah: Arab, Latin, dan Terjemahan

Sebarkan artikel ini
doa anak untuk orang tua

WidodoLesta.com – Kemarin, 22 Desember, adalah Hari Ibu Nasional di mana kita merayakan kehadiran ibu tercinta dalam hidup kita. Sudahkah kamu mempersiapkan hadiah istimewa untuk ibu tercintamu?

Namun, tahukah kamu, teman-teman, bahwa ada hadiah yang jauh lebih berharga dari dunia dan semua isinya bagi ibu kita? Itu adalah doa. Doa yang dipanjatkan dengan tulus oleh seorang anak yang sholeh atau sholehah menjadi amalan yang terus mengalir bagi orang tua kita, bahkan setelah mereka meninggalkan dunia ini.

Rasulullah SAW bersabda, ‘Ketika seseorang meninggal dunia, segala amal perbuatannya terputus, kecuali tiga hal: amal sedekah yang terus mengalir manfaatnya, ilmu yang bermanfaat yang dia wariskan, dan anak saleh yang mendoakannya’. (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud)

Baca Juga:  Memperhatikan Tanda-tanda Pria yang Jatuh Cinta kepada Kamu

Oleh karena itu, teman-teman, mari kita menghafal doa yang khusus diperuntukkan bagi kedua orang tua kita. Tidak hanya untuk ibu, tetapi juga untuk ayah kita.

Allah SWT mengajarkan kita untuk mendoakan kedua orang tua kita dalam Surah Al-Isra ayat 24:

رَّبِّ ٱرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيرً

Rabbir-ḥam-humā kamā rabbayānī ṣagīrā

Artinya: “Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua (menyayangiku ketika) mendidik aku pada waktu kecil.”

Baca Juga:  Kumpulan Ucapan Selamat Hari Ibu yang Mengharukan dan Bisa Membuat Ibu Tersenyum

Berikut adalah doa tersebut dengan teks Arab, Latin, dan terjemahan:

 

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Mari kita tingkatkan rasa hormat dan kasih sayang kita terhadap kedua orang tua dengan mengamalkan doa ini secara rutin. Doa ini adalah ungkapan cinta dan penghormatan kita kepada mereka yang telah membesarkan dan mendidik kita.