Kesehatan

Dampak Negatif Minum Teh Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

×

Dampak Negatif Minum Teh Apabila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Sebarkan artikel ini
minum teh

Teh merupakan jenis minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi dengan bijak. Popularitas teh sebagai minuman yang sering disajikan di warung pinggir jalan atau restoran membuktikan betapa disukainya oleh banyak orang. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, teh dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa dampak negatif yang mungkin timbul akibat minum teh secara berlebihan:

 

  1. Rasa Cemas, Gelisah, dan Stres

Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafein. Jika kafein dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan rasa cemas, gelisah, dan bahkan stres. Untuk mencegah dampak negatif ini, disarankan untuk membatasi konsumsi kafein di bawah 200 miligram per hari.

Baca Juga:  Manfaat Pasak Bumi sebagai Suplemen Herbal

 

  1. Heartburn atau Asam Lambung

Minum teh berlebihan dapat menyebabkan heartburn atau asam lambung. Kandungan kafein dalam teh dapat merangsang produksi asam lambung dan meningkatkan risiko isi lambung naik ke kerongkongan. Jadi, penting untuk mengatur batas konsumsi teh agar tidak mengganggu keseimbangan asam lambung.

 

  1. Gangguan Penyerapan Zat Besi

Tanin, senyawa yang terdapat dalam teh, dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan defisiensi zat besi dan mengganggu fungsi tubuh. Untuk menghindari gangguan ini, disarankan untuk tidak mengonsumsi teh pada saat makan.

Baca Juga:  Jumlah Maksimal Makan Telur Dalam Sehari

 

  1. Gangguan Tidur

Kafein dalam teh juga dapat menyebabkan gangguan tidur. Karena kafein dapat menghambat produksi hormon tidur, kesulitan tidur menjadi risiko yang mungkin terjadi. Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, gangguan memori, dan masalah kesehatan lainnya.

 

  1. Sakit Kepala dan Pusing

Dampak negatif minum teh berlebihan lainnya adalah sakit kepala dan pusing. Efek ini dapat bervariasi pada setiap individu. Jika sejumlah segelas teh saja sudah menyebabkan sakit kepala atau pusing, disarankan untuk menghindari minuman tersebut.