Otomotif

Ciri – Ciri Sokbreker Motor Rusak yang Perlu Diketahui

×

Ciri – Ciri Sokbreker Motor Rusak yang Perlu Diketahui

Sebarkan artikel ini
shockbreaker motor mulai rusak

Apa itu Sokbreker Motor?

Sokbreker motor adalah salah satu komponen penting pada sistem suspensi motor. Fungsi utamanya adalah untuk meredam goncangan yang terjadi saat motor melaju di jalan. Sokbreker motor juga dikenal dengan sebutan shock absorber atau peredam kejut.

Mengapa Penting untuk Mengetahui Tanda-tanda Sokbreker Motor Rusak

Mengetahui tanda-tanda sokbreker motor rusak sangatlah penting bagi setiap pemilik motor. Hal ini dikarenakan jika sokbreker motor tidak berfungsi dengan baik, maka kenyamanan berkendara akan berkurang. Selain itu, kestabilan motor juga dapat terpengaruh dan memicu risiko kecelakaan.

Ciri-ciri Sokbreker Motor Rusak

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri sokbreker motor rusak yang perlu diketahui:

Baca Juga:  Rahasia Menghemat Bensin Mobil: Hindari Kebiasaan Ini yang Bikin Boros

1. Peredaman yang buruk: Jika sokbreker motor mengalami kerusakan, maka kemampuannya dalam meredam goncangan akan menurun. Pada saat melintasi jalan yang berlobang atau bergelombang, Anda akan merasakan guncangan yang lebih keras dibandingkan dengan sokbreker yang normal.

2. Kendaraan bergoyang: Ketika sokbreker motor rusak, motor biasanya akan terasa bergoyang saat melaju di jalan. Hal ini terjadi karena sokbreker tidak lagi menjaga stabilitas motor dengan baik.

Baca Juga:  Kode Plat DA Berasal Dari Kalimantan Selatan

3. Suara berisik: Jika Anda mendengar suara berisik saat melewati jalan yang bergelombang, maka kemungkinan besar sokbreker motor mengalami kerusakan. Suara berisik biasanya timbul akibat ausnya komponen sokbreker.

Penyebab Sokbreker Motor Rusak

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada sokbreker motor, di antaranya:

1. Penggunaan yang berlebihan: Jika motor Anda sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan yang buruk, maka sokbreker motor bisa menjadi cepat rusak.