Tips

Ruang Penyimpanan HP Penuh Terus? Coba 5 Trik Ini Biar Lega

×

Ruang Penyimpanan HP Penuh Terus? Coba 5 Trik Ini Biar Lega

Sebarkan artikel ini
memori hp penuh

Lagi asik pakai HP, tiba-tiba memori ponsel penuh, bikin kesal kan? Nah, daripada galau, coba deh beberapa trik berikut buat ngatasin masalah ini biar lega.

  1. Hapus File Downloadan

Pertama, mulai dengan menghapus file downloadan. Bisa jadi kamu punya banyak aplikasi media yang support buat download offline, kayak Spotify atau YouTube. Meski keren, nih fitur bisa abisin memori. Jadi, cek aja lagi file downloadanmu dan hapus yang udah gak kepake.

  1. Bersihin Galeri

Galeri fotomu adalah tempatnya kenangan digital. Tapi lama-lama bisa hancur. Mungkin ada foto-foto yang bikin ribet, bahkan gak perlu. Itu aja bisa memakan banyak ruang memori. Mulai detoks galerimu dengan nyari album khusus yang bisa dibersihin, misalnya screenshot atau foto dari media sosial. Jangan lupa juga cek folder sampah aplikasi galerimu. Bersih-bersih itu penting, meski hanya di HP.

  1. Matiin Pengunduhan Otomatis
Baca Juga:  Tips Menghadapi Kehidupan Penuh Kebahagiaan Meski Ada yang Iri dengan Kita

Beberapa aplikasi sosmed secara default tuh suka mengunduh file otomatis. Misalnya, WhatsApp seringkali ambil langganan download file yang dikirim. Itu halus purus bisa nyicil penyimpanan memori. Buat atasin masalah ini, matiin fitur pengunduhan otomatis, biar gak memenuhi ponselmu. Di setiap aplikasi, biasanya ada opsi buat matiin fitur ini. Cari pengaturan yang pas deh.

  1. Kelola Aplikasi Bawaan

HP baru sering punya banyak aplikasi bawaan yang gak bisa dihapus. Gak masalah sih, bisa diurus kok. Walaupun aplikasinya gak bisa dihapus, kamu bisa mematikannya. Itu bisa mencegah aktivitas di latar belakang dan mengurangi konsumsi memori. Caranya mudah, tap dan tahan aplikasinya, lalu tap opsi info dan pilih “Matikan”.

  1. Hapus Cache
Baca Juga:  Cara Menghemat Baterai iPhone agar Tidak Sering Ngecas

Kamu juga harus hapus cache. Maklum, aplikasi butuh cache untuk ambil data dengan cepat, tapi lama-lama nyerobot penyimpanan ponsel. Terutama cache browser, itu bisa segede gedung bajak laut. Kamu bisa hapus riwayat atau data penelusuran dengan mudah. Jadi, lebih hemat memori tuh. Kalau pake Chrome, tap 3 titik, buka pengaturan, lalu pilih Privasi dan keamanan. Tap “Hapus data penelusuran”. Jangan lupa nih, hapus cache aplikasi juga di HP Androidmu. Bisa dapetin lebih banyak ruang lagi.

  1. Gunakan Penyimpanan Cloud dan Eksternal

Terakhir, kalau masih kurang juga, coba pake penyimpanan cloud kayak Google Drive atau Dropbox buat cadangkan foto, video, dan dokumen. Gak cuma aman, tapi bisa legain memori ponselmu. Aktifin aja otomatisasi untuk nyambungin file ke penyimpanan cloud.