Web

Cara Mengatasi Error 504 dan Memulihkan Akses ke Situs Web

×

Cara Mengatasi Error 504 dan Memulihkan Akses ke Situs Web

Sebarkan artikel ini
eror 504

Browsing internet merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak pengguna. Namun, seringkali kita mengalami masalah ketika muncul kode error 504 saat mengakses halaman situs web yang dituju. Kode ini menandakan adanya kesalahan komunikasi antara server dan pengguna, sehingga menghambat akses informasi yang diinginkan.

Kode error 504, atau sering disebut sebagai Gateway Timeout, mempengaruhi baik pengunjung situs web maupun pengelola server. Pengunjung tidak dapat memperoleh informasi yang diharapkan, sementara pengelola situs mengalami penurunan trafik.

Lalu, apa sebenarnya kode error 504 dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah panduan praktis untuk mengatasi masalah ini:

  1. Refresh Halaman Web
Baca Juga:  Cara Install Webp Plugin di Photoshop

Coba refresh halaman web dengan menekan tombol F5 pada keyboard atau menggunakan shortcut CTRL+F5. Hal ini akan memuat ulang halaman dan memperbaiki kesalahan sementara.

  1. Nyalakan Ulang Perangkat Jaringan

Periksa perangkat jaringan seperti modem atau router. Matikan dan nyalakan kembali untuk memastikan tidak ada masalah pada koneksi internet kamu.

  1. Cek Pengaturan Proxy

Pengaturan proxy yang salah dapat menjadi penyebab kode error 504. Nonaktifkan pengaturan proxy dan coba muat ulang halaman web untuk melihat apakah masalah tersebut teratasi.

  1. Periksa DNS
Baca Juga:  Kode Pos Kabupaten Kotawaringin Timur

Bersihkan cache DNS pada perangkat. Pada sistem operasi Windows, kamu dapat membuka Command Prompt dan memasukkan perintah ‘ipconfig /flushdns’ untuk menghapus cache DNS. Jika berhasil, akan muncul pesan “Successfully flushed the DNS resolver Cache”.

  1. Nonaktifkan CDN Situs untuk Sementara

Jika menggunakan Content Delivery Network (CDN) pada situs web, nonaktifkan CDN tersebut untuk sementara. Kadang-kadang, CDN dapat menyebabkan masalah dan mengakibatkan error 504. Dengan menonaktifkan CDN, kamu dapat menguji apakah masalah teratasi.