Teknologi

Cara Membedakan RAM DDR1,DDR2,DDR3 dan DDR4

×

Cara Membedakan RAM DDR1,DDR2,DDR3 dan DDR4

Sebarkan artikel ini
RAM

WidodoLesta.com – Awal muasalnya pada waktu saya lagi memeriksa komputer yang mati dikantor, karena mendapat laporan dari salah satu staff dikantor bahwa komputer yang digunakannya untuk bekerja setiap hari CPU hidup tapi pada layar monitor blank, yang terlihat hanya warna hitam saja.

Setelah saya periksa ternyata komputer tersebut tidak bisa jalan karena ada salah satu RAM yang mati, kebetulan RAM pada komputer tersebut ada dua keping, setelah saya cabut salah satu RAM yang mati akhirnya komputer tersebut bisa digunakan seperti biasanya.

Setelah selesai memerikasa komputer tersebut tiba-tiba muncul pertanya dalam hati saya, gimana caranya membedakan jenis-jenis RAM, karena RAM ada DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4, bahkan mungkin nanti akan muncul lagi DDR5 dan seterusnya.

Baca Juga:  Cara Melacak HP Android Hilang

Tapi sebelum melanjutkan cara membedakan jenis-jenis RAM, apakah kalian tahu RAM itu apa dan fungsinya untuk apa, kalau kalian sekolahnya jurusan komputer kalian pasti tahu karena pengetahuan soal RAM merupakan pelajaran paling dasar, tapi bagi yang jurusannya bukan komputer saya yakin gak tahu apa itu RAM dan fungsinya. RAM (Random Access Memory) merupakan bagian penting pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara, ketika komputer dijalankan dapat diakses secara acak (random). Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada komputer. Jadi semakin besar kapasitas RAM pada komputer maka akan kinerjanya akan semakin cepat.

Baca Juga:  Keunggulan dan Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra

Kembali ke laptop, cara membedakan RAM menurut haasil penelusuran saya adalah:

  1. Pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan melihat tulisan pada pembungkusnya karena biasanya pabrik pembuat memory sudah melampirkan jenis DDRnya dari RAM yang mereka jual di pasaran.
  2. Kedua yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengetahui perbedaan spesifikasi dari suatu RAM dengan lebih detail lagi.
  3. Cara ketiga dengan melihat maindboard, biasanya disitu tertulis jenis RAM yang digunakan.
  4. Cara yang keempat yang bisa kalian lakukan adalah melihat sekat yang ada ditengah memori tersebut dengan mata telanjang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

acer aspire 5 a514 54g
Teknologi

WidodoLesta.com – Apa Yang Dapat Dilakukan Untuk Memperbaiki Laptop Yang Lemot Untuk memperbaiki laptop yang…