Teknologi

Cara Melacak HP Android Hilang

×

Cara Melacak HP Android Hilang

Sebarkan artikel ini
android-hilang

Kebetulan kalau hari Sabtu di kantor tempat saya kerja masih tetap masuk, tetapi hanya setengah hari saja, jam 8.00 WIB masuk dan pulang jam 12.00 WIB. Kalau sudah nyampai rumah biasanya sambil rebahan saya sambil main game online, biasa disuasana masih pandemi seperti sekarang ini hiburan yang aman ya main game online.

Namun tiba-tiba saya dikejutkan oleh bunyi telepon masuk yang sengaja gak saya angkat karena mengganggu konsentrasi permainan saya, terlebih sesi permainnan game yang saya mainkan juga belum habis, namun karena telpon tersebut berulang lagi akhirnya saya angkat, siapa tahu memang lagi penting.

Singkat cerita ternyata telpon yang masuk tadi berasal dari kawan yang poselnya, saya dimintai tolong untuk melacak keberadaan ponsel kakaknya yang hilang karena terjatuh, tapi posisi terjatuhnya dimana yang bersangkutan tidak tahu.

Akhirnya saya minta ke temen saya alamat email yang dipakai di ponsel kakaknya yang hilang tadi beserta passwordnya.

Baca Juga:  Samsung Galaxy S24 "Reguler" Tawarkan Inovasi Terbaik untuk Kebutuhan Anda

Buat kalian yang memiliki kasus serupa jangan sampai panik ya apabila kehilangan ponsel Android kalian dengan catatan kalian harus inget email dan password yang dipakai pada ponsel kalian yang hilang.

Dengan bermodal email dan password tadi kalian bisa melacak keberadaan ponsel, mengunci dan bisa menghapus data pada ponsel kalian yang hilang hanya menggunakan internet tanpa aplikasi.

Caranya adalah

  1. Buka situs https://android.com/find, kemudian login ke Akun Google yang tersambung dengan HP Anda yang hilang.
  2. Klik pada ponsel yang hilang jika Anda memiliki lebih dari satu ponsel.
  3. Login dengan Akun Google yang ada di profil utama jika ponsel Anda yang hilang mempunyai lebih dari satu profil pengguna.
  4. Akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service. Kemudian akan muncul informasi lokasi HP Android Anda yang hilang. Lokasi yang tertera mungkin tidak akurat atau merupakan lokasi perkiraan. Jika HP Anda tidak ditemukan, Anda bisa melihat lokasi terakhir yang diketahui jika tersedia.
Baca Juga:  Honor Magic 6 Pro Membawa Kemampuan Fotografi Luar Biasa dengan Kamera Periskop 180 MP

Setelah mengetahui keberadaan ponsel kalian bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Mendatangi lokasi dan membuat HP Anda berdering selama 5 menit tanpa henti.
  2. Klik pada “Putar Suara” agar HP Anda yang hilang bisa berbunyi selama 5 menit meskipun dalam mode silent atau senyap.
  3. Klik “Amankan Perangkat”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunci ponsel dengan PIN pola, atau sandi. Anda juga bisa menambahkan pesan atau nomor yang bisa dihubungi ke layar kunci.
  4. Klik “Hapus Perangkat”. Dengan memilih fitur ini, data yang terdapat di HP Android Anda akan dihapus secara permanen.

Untuk fitur hapus perangkat tidak bisa menghapus data kalian yang tersimpan pada kartu SD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *