Kesehatan

6 Minuman Alami yang Menurunkan Kolesterol dan Cocok untuk Sarapan Sehat!

×

6 Minuman Alami yang Menurunkan Kolesterol dan Cocok untuk Sarapan Sehat!

Sebarkan artikel ini
teh hijau

WidodoLesta.com – Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko serius terhadap kesehatan, seperti serangan jantung atau stroke. Banyak orang yang mencari cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Selain berbagai jenis makanan, terdapat beberapa minuman yang diketahui dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol, terutama dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Berikut adalah 6 minuman yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjadi pilihan yang cocok untuk sarapan sehat.

 

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang telah terbukti membantu menurunkan kadar LDL serta kolesterol total. Penelitian pada tahun 2020 menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau secara rutin berkaitan dengan penurunan kadar LDL pada manusia. Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa antioksidan tertentu dalam teh hijau, seperti epigallocatechin gallate (EGCG), dapat menurunkan enzim tertentu yang berhubungan dengan kadar kolesterol LDL.

Baca Juga:  Hindari 6 Jenis Makanan yang Dapat Merusak Kesehatan Ginjal Anda di Usia Muda

 

  1. Minuman Kedelai

Kedelai mengandung lemak tak jenuh yang merupakan alternatif sehat pengganti lemak jenuh. Menggantikan makanan tinggi lemak jenuh dengan produk kedelai dapat membantu mengurangi atau mengendalikan kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Lebih baik memilih produk kedelai dalam bentuk utuh yang diproses dengan sedikit atau tanpa tambahan gula, garam, dan lemak.

Baca Juga:  Manfaat Luar Biasa Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

 

  1. Minuman Oat

Oat mengandung beta-glukan, sejenis serat larut yang membentuk lapisan gel dalam usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Serat larut ini dapat menghambat penyerapan kolesterol serta membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebuah tinjauan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa minuman oat, seperti susu oat, memiliki efek yang lebih konsisten dalam menurunkan kadar kolesterol dibandingkan produk oat lainnya. Satu gelas susu oat berukuran 250 mL dapat mengandung sekitar 1 gram beta-glukan.