Kesehatan

10 Alasan Mengapa Anda Harus Memanfaatkan Daun Kelor untuk Menjaga Kesehatan

×

10 Alasan Mengapa Anda Harus Memanfaatkan Daun Kelor untuk Menjaga Kesehatan

Sebarkan artikel ini
manfaat daun kelor untuk kesehatan

WidodoLesta.com – Daun kelor memang penuh dengan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita. Moringa oleifera, atau lebih dikenal sebagai kelor, telah diakui sebagai tanaman obat yang luar biasa di India. Di negara asalnya, kelor dikenal sebagai “tanaman ajaib” karena khasiatnya yang melimpah bagi kesehatan manusia. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui manfaat daun kelor ini.

Kekayaan nutrisi dan gizi dalam daun kelor membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Menurut sebuah jurnal ilmiah berjudul “Moringa Oleifera is Prominent Source of Nutrients with Potential Health Benefits” yang diterbitkan tahun lalu, daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang tujuh kali lipat lebih banyak daripada jeruk. Namun bukan hanya vitamin C saja, daun kelor juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya seperti kalsium, protein, magnesium, dan fitonutrien.

Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa dari daun kelor yang patut Anda ketahui:

  1. Menurunkan kadar kolesterol: Daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mirip dengan efek yang diberikan oleh gandum dan biji rami. Anda bahkan dapat mengonsumsinya sebagai lalapan saat makan siang untuk mendapatkan manfaatnya.
  2. Mencegah diabetes: Daun kelor diketahui dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan kadar gula darah hingga 13,5 persen. Anda juga dapat mencampurkan daun kelor kering ke dalam masakan Anda untuk mengurangi kadar gula darah hingga 21 persen.
  3. Menjaga kesehatan prostat: Daun kelor mengandung zat belerang atau glukosinolat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.
  4. Menurunkan kadar asam urat: Rutin mengonsumsi rebusan daun kelor dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, berkat kandungan flavonoid, tanin, dan alkaloid yang ada di dalamnya. Selain itu, sifat anti-inflamasi daun kelor juga dapat meredakan nyeri dan peradangan seperti pegal linu dan rematik.
  5. Mengurangi risiko kanker: Daun kelor kaya akan antioksidan dan potasium, sehingga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat menjadi langkah baik dalam mencegah penyakit kanker, mulai dari kanker payudara, pankreas, hingga kolorektal.
  6. Menurunkan tekanan darah tinggi: Daun kelor mengandung zat-thiocarbamate, glikosida, dan nitril yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  7. Obat cacingan: Daun kelor mengandung lektin, anti-inflamasi, antimikroba, serta anthelmintik yang efektif melawan parasit dalam tubuh, termasuk cacing kremi dan cacing pita. Anda dapat merebus daun kelor bersama dengan cabai dan meniran untuk mendapatkan air rebusan yang dapat digunakan sebagai obat cacingan.
  8. Menjaga kesehatan hati: Daun kelor mengandung polifenol yang baik untuk menjaga kesehatan hati. Hati berperan penting dalam menyaring zat-zat racun di dalam tubuh, sehingga sangat penting untuk menjaganya tetap sehat.
  9. Mencegah gangguan ginjal: Kandungan antioksidan dalam daun kelor dapat digunakan untuk mencegah gangguan pada ginjal.
  10. Mengatasi asam lambung: Daun kelor mengandung polifenol, flavonoid, dan asam askorbat yang mampu mengatasi masalah asam lambung. Konsumsi daun kelor dapat membantu menetralkan asam lambung yang meningkat.
Baca Juga:  Optimalkan Kerja Otak Anda dengan Makanan Berikut

Itulah sepuluh manfaat hebat dari daun kelor untuk kesehatan kita. Mulai dari masalah kesehatan yang ringan hingga serius, daun kelor dapat menjadi solusi yang alami dan bermanfaat. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkannya.