Teknologi

Tips Cara Atasi Jaringan Wifi Lemot

×

Tips Cara Atasi Jaringan Wifi Lemot

Sebarkan artikel ini
router

WidodoLesta.com – Koneksi wifi yang lemot dan tidak stabil seringkali bikin kita jengkel bahkan marah-marah, terutama pada saat kita main game, lagi seru-serunya tiba-tiba gamenya ngelag, atau lagi download file ternyata kecepatnnya downloadnya lemot dan tidak stabil sehingga download file kecil saja memerluka waktu  yang cukup lama.

Buat kalian yang ngalami kondisi tersebut diatas, wifinya lemot bisa mencoba beberapa langkah dibawah ini:

1. Periksa kecepatan internet Anda: Seringkali, masalah WiFi yang lemot disebabkan oleh kecepatan internet yang lambat dari penyedia layanan. Coba lakukan tes kecepatan menggunakan situs seperti speedtest.net untuk memastikan kecepatan internet yang Anda dapatkan sesuai dengan paket yang Anda bayar.

Baca Juga:  Kumpulan Kode Meteran Listrik Berbagai Merk

2. Posisi router yang optimal: Pastikan router WiFi Anda ditempatkan di tempat yang strategis dan tidak terhalang oleh hal-hal seperti dinding atau perabotan yang berat. Juga, pastikan router berada di tengah ruangan untuk distribusi sinyal yang lebih merata.

3. Kurangi gangguan sinyal: Beberapa perangkat elektronik lain seperti microwave atau telepon nirkabel dapat menyebabkan gangguan pada sinyal WiFi. Jauhkan router WiFi Anda dari perangkat-perangkat ini agar sinyal tetap stabil.

Baca Juga:  Solusi Praktis Mengatasi Masalah WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Internet

4. Perbarui firmware router: Pastikan firmware router Anda diperbarui ke versi terbaru, karena pembaruan firmware seringkali mencakup perbaikan bug dan peningkatan kinerja yang dapat membantu mengatasi masalah WiFi yang lemot.

5. Gunakan saluran WiFi yang kurang padat: Banyak router WiFi mendukung pemilihan saluran otomatis, tetapi kadang-kadang dapat beroperasi pada saluran yang padat dan bersaing dengan jaringan lain dalam jarak yang sama. Cobalah untuk mengganti saluran WiFi pada router Anda melalui pengaturan administratif router.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *