Teknologi

Tanda – Tanda Smartphone Anda Disadap

×

Tanda – Tanda Smartphone Anda Disadap

Sebarkan artikel ini
smartphone disadap

WidodoLesta.com – Smartphone adalah alat komunikasi yang penting dalam kehidupan kita saat ini. Namun, penggunaan smartphone juga membawa risiko keamanan yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah risiko penyadapan.

Penyadapan smartphone dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Dengan adanya data penting seperti lokasi, kontak, foto, dan pesan pribadi yang disimpan di smartphone, risiko penyadapan bisa menjadi sangat besar.

Data pribadi yang tersimpan di smartphone bisa menjadi target para pelaku kejahatan cyber. Ada banyak kasus penjualan data pribadi di dark web dan pembobolan rekening melalui aplikasi perbankan digital yang terjadi akibat penyadapan smartphone.

Baca Juga:  Spesifikasi Infinix Zero 5G 2023 dan Harganya

Berikut adalah 7 tanda-tanda bahwa smartphone Anda sedang disadap, seperti yang dilansir oleh Makeuseof:

1. Konsumsi baterai yang lebih cepat habis atau boros : Salah satu tanda penyadapan adalah baterai yang cepat habis. Pelaku penyadapan seringkali menggunakan aplikasi latar belakang yang memperburuk konsumsi baterai.

2. Munculnya iklan dan aplikasi mencurigakan: Jika smartphone Anda sedang disadap, Anda mungkin akan melihat munculnya aplikasi atau iklan mencurigakan yang tidak pernah Anda instal sebelumnya.

3. Penurunan performa: Karena smartphone yang disadap dioperasikan oleh pihak lain secara eksternal, performa smartphone bisa mengalami penurunan yang signifikan.

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Series

4. Pesan-pesan mencurigakan: Ketika smartphone sedang disadap, Anda mungkin akan menerima pesan-pesan tak dikenal yang tidak pernah Anda kirim.

5. Perubahan pada tampilan browser: Jika Anda mengklik tautan mencurigakan dan tampilan browser berubah secara mendadak, itu bisa menjadi tanda bahwa smartphone Anda sedang disadap.

6. Aktivitas aneh di smartphone: Biasanya, jika smartphone sedang disadap, akan ada aktivitas yang tidak biasa dilakukan oleh pengguna, karena smartphone tersebut juga diaktifkan oleh pihak eksternal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *