Tips

Rahasia Proposal Sukses: 5 Cara Agar Disponsori oleh Perusahaan Besar

×

Rahasia Proposal Sukses: 5 Cara Agar Disponsori oleh Perusahaan Besar

Sebarkan artikel ini
cara bikin proposal

Proposal adalah kunci penting dalam memulai dan mengembangkan bisnis, kegiatan, atau bahkan penelitian. Sebuah proposal yang disusun dengan baik dapat membantu mewujudkan ide-ide besar yang kalian miliki. Namun, menyusun proposal yang sempurna bukanlah hal yang mudah. Terutama ketika kita ingin meyakinkan perusahaan besar untuk mensponsori rencana ide atau aktivitas melalui proposal kita.

Tantangan dan hambatan bagaimana meyakinkan sponsor untuk mendukung proposal kita adalah hal yang tidak asing bagi pelaku bisnis dan mahasiswa. Bahkan di kalangan mahasiswa, persaingan untuk mendapatkan sponsor bisnis seringkali sengit.

Jika kalian penasaran tentang cara membuat proposal yang sukses agar dapat disponsori oleh perusahaan besar, simaklah artikel ini sampai selesai.

Baca Juga:  Mengatasi Dinding yang Berjamur Akibat Musim Hujan: Tips Mudahnya!

Di bawah ini terdapat 5 tips yang dapat membantu kalian mencapai tujuan tersebut.

  1. Mengetahui Preferensi Sponsorship

Sebelum memulai menulis pendahuluan dalam proposal, penting untuk berdiskusi dengan tim mengenai preferensi sponsorship yang dituju. Kesepahaman terhadap preferensi dan harapan sponsorship sangat penting untuk merumuskan proposal yang relevan dan menarik.

  1. Gunakan Template yang Unik

Menggunakan template yang unik dapat membuat proposal kalian lebih menarik untuk dibaca dan dipelajari. Karena perusahaan menerima banyak proposal, memiliki template yang unik akan meningkatkan potensi proposal kalian untuk diterima.

  1. Buat Struktur yang Jelas

Pastikan proposal kalian memiliki struktur yang jelas. Mahasiswa dan pelaku bisnis sudah paham akan pentingnya struktur dalam sebuah proposal. Namun, ingatlah untuk tetap membuat tulisan di dalam proposal singkat, padat, dan mudah dipahami oleh target sponsorship.

  1. Tentukan Target yang Tepat
Baca Juga:  Tips Memilih Calon Pengasuh untuk Buah Hati Anda

Berikan proposal kalian kepada target sponsorship yang relevan dengan ide atau kegiatan yang kalian ajukan. Misalnya, jika kalian ingin mengadakan kegiatan bertema teknologi, carilah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang tersebut. Dengan cara ini, peluang kerja sama dari proposal yang kalian berikan akan semakin terbuka lebar.

  1. Lakukan Follow Up

Jangan lupa untuk melakukan follow up setelah mengirimkan proposal. Perlu diingat bahwa banyak proposal yang diterima oleh perusahaan. Oleh karena itu, melakukan follow up dapat memberikan informasi mengenai perkembangan proposal yang telah kalian berikan.