Teknologi

Perbandingan Layar IPS dan AMOLED: Pilih Mana yang Lebih Sesuai untuk Kebutuhan Anda

×

Perbandingan Layar IPS dan AMOLED: Pilih Mana yang Lebih Sesuai untuk Kebutuhan Anda

Sebarkan artikel ini
layar hp tidak bisa disentuh dan dimatikan

Saat ini, penggunaan layar AMOLED semakin lazim ditemui pada smartphone dengan harga Rp 2-3 jutaan. Hal ini dilakukan guna memberikan kepuasan dan kenyamanan lebih bagi para penggunanya.

Namun, layar IPS juga masih banyak digunakan pada smartphone dengan harga Rp 1 jutaan atau kelas entry level. Tak jarang, muncul perbandingan antara dua jenis layar ini terkait performa dan daya tahan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang perbedaan antara layar IPS dan AMOLED, serta manakah yang lebih baik dan tahan lama sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perbedaan Layar IPS dan AMOLED:

  1. Prinsip Kerja:
Baca Juga:  Cara Cek Imei Semua Merk HP

– AMOLED adalah singkatan dari Active-Matrix Organic Light Emitting Diode yang merupakan pengembangan teknologi OLED. Layar ini menggunakan teknologi matriks aktif yang mengatur setiap piksel secara individu melalui Thin-Film Transistor (TFT).

– IPS adalah jenis layar LCD In-Plane Switching yang menggunakan kristal cair untuk menampilkan gambar, merupakan evolusi dari LCD yang telah ditingkatkan.

  1. Produksi Warna:

– Layar AMOLED menghasilkan warna hitam yang intens sehingga memberikan kontras yang besar dan detail gambar yang lebih tajam.

– Walaupun warna pada layar IPS tidak seintens AMOLED, tetapi ini dapat bervariasi tergantung pada produsen dan spesifikasi hardware yang digunakan. Kedua jenis layar ini bisa menghasilkan jutaan sampai miliaran warna.

  1. Masa Penggunaan:
Baca Juga:  Spesifikasi Xiaomi 12T 5G dan Harganya

– Layar AMOLED menggunakan senyawa organik untuk elektroluminesensi, yang dapat mengalami penurunan kualitas gambar seiring berjalannya waktu.

– Layar IPS, di sisi lain, dikatakan lebih tahan lama berkat kristal cair yang membantu memperpanjang masa pakai layar.

  1. Rasio Kontras:

– Secara alami, rasio kontras pada layar AMOLED lebih tinggi daripada IPS. Warna hitam pada layar AMOLED adalah piksel mati sehingga memberikan hasil warna hitam yang natural.