Teknologi

Oppo Menghadirkan ColorOS 14, Inilah Pembaruan dan Fitur Terbaru

×

Oppo Menghadirkan ColorOS 14, Inilah Pembaruan dan Fitur Terbaru

Sebarkan artikel ini
oppo coloros 14

WidodoLesta.com – Oppo baru saja meluncurkan skin sistem operasi terbaru mereka, yaitu ColorOS 14. Versi beta global sudah mulai hadir di beberapa wilayah dengan perangkat Find N2 Flip, yang menjadi ponsel pertama yang mendapatkan versi stabil pada pertengahan November.

Salah satu pembaruan utama dalam ColorOS 14 adalah Trinity Engine yang telah ditingkatkan. ROM Vitalization membuat kompresi data aplikasi dan file, yang dapat menghemat penyimpanan hingga 20 GB pada ponsel biasa.

Vitalisasi RAM menggantikan mekanisme RAM Android dengan mekanisme yang lebih canggih, terutama dalam menjaga aplikasi latar belakang di RAM. Komponen ketiga dan terakhir, Vitalisasi CPU, membantu menjaga kinerja chipset dan penggunaan daya yang seimbang.

Baca Juga:  Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE dan Harganya di Indonesia

Selain itu, ColorOS 14 juga memperkenalkan sistem Pengisian Cerdas menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk mengatur arus pengisian daya berdasarkan penggunaan Anda. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penurunan performa baterai.

Fitur lainnya adalah Picture Keeper, yang menambahkan izin tambahan untuk mengakses foto dan video tertentu di perangkat Anda. Peningkatan juga terjadi pada fitur Smart Image Matting yang dapat memotong beberapa orang dan hewan dari foto atau gambar diam.

Baca Juga:  Panduan Daftar Harga Terbaru Smartphone Oppo Desember 2023: Dari Find X Series hingga Reno Series

Smart Touch yang baru membantu pengguna dalam memilih teks, gambar, dan video dari aplikasi asli maupun pihak ketiga, dan mengumpulkannya di File Dock. File Dock berfungsi seperti papan klip yang memungkinkan Anda menyimpan konten untuk digunakan nanti.

Fitur ini juga dapat disinkronkan antar perangkat ColorOS, sehingga konten yang disimpan dengan Smart Touch di Oppo Pad, misalnya, juga tersedia di ponsel Anda. Selain itu, pengguna Snapchat juga akan mendapatkan perlakuan khusus dengan adanya kemudahan menempatkan pintasan Snapchat di layar kunci dan widget Snapchat untuk Rak.