Otomotif

Mengenal Bearing Roda Kendaraan: Penyebab Kerusakan dan Tanda Harus Diperhatikan

×

Mengenal Bearing Roda Kendaraan: Penyebab Kerusakan dan Tanda Harus Diperhatikan

Sebarkan artikel ini
bearing motor

Bearing roda merupakan komponen penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai penopang bobot dan memungkinkan putaran roda atau ban saat berkendara. Namun, jika bearing roda mengalami kerusakan, ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan dan menandakan perlunya penggantian segera.

Mengapa Kerusakan Bearing Roda Sangat Penting?

Kerusakan pada bearing roda dapat menjadi ancaman serius. Selain mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara, kerusakan ini juga dapat memiliki dampak berikut:

  1. Kehilangan Kendali Kendaraan: Bearing roda yang rusak dapat menyebabkan hilangnya kendali atas kendaraan. Hal ini membuat berkendara menjadi tidak stabil dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.
  2. Masalah pada Sistem Rem: Bearing yang rusak dapat mempengaruhi performa sistem rem. Hal ini dapat menyebabkan pengereman yang tidak efektif dan berbahaya saat berkendara.
  3. Risiko Pelepasan Roda: Dalam kasus ekstrem, kerusakan pada bearing roda dapat menyebabkan pelepasan roda saat berkendara. Tentu saja, hal ini sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecelakaan serius.

 

Faktor Penyebab Kerusakan Bearing Roda

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada bearing roda. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kondisi Jalan yang Tidak Rata: Sering berkendara di jalan yang tidak rata dapat menyebabkan tekanan berlebih pada bearing roda, mempercepat keausan dan kerusakan.
  2. Lingkungan yang Kurang Mendukung: Melewati jalan dengan kondisi berlumpur, berair, atau terkena road salt juga dapat merusak bearing roda secara perlahan.
  3. Kualitas Baja yang Rendah: Bearing roda yang menggunakan baja berkualitas rendah memiliki ketahanan terhadap keausan yang lebih rendah, sehingga lebih rentan terhadap kerusakan.
  4. Ban yang Tidak Seimbang: Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan beban yang tidak merata pada bearing roda, memperpendek umur pakai dan meningkatkan risiko kerusakan.
  5. Instalasi yang Buruk: Penggunaan perkakas yang tidak tepat saat melakukan instalasi bearing roda dapat merusak komponen tersebut, menyebabkan kerusakan pada bagian dalam maupun luar bantalan ujung roda.
Baca Juga:  Mengatasi Masalah Remot Scoopy yang Tidak Berbunyi dan Tips Perawatannya

 

Tanda-tanda Harus Mengganti Bearing Roda

Adapun beberapa tanda-tanda yang menunjukkan perlunya penggantian bearing roda adalah:

  1. Suara Bising: Jika terdengar suara gemuruh atau geraman yang aneh saat berkendara, itu bisa menjadi indikasi kerusakan pada bearing roda.
  2. Keausan Ban yang Tidak Merata: Jika ban kendaraan mengalami keausan yang tidak merata, ini bisa menandakan adanya masalah pada bearing roda.
  3. Getaran pada Roda Kemudi: Jika terjadi getaran yang tidak biasa pada roda kemudi, terutama yang berubah seiring dengan kecepatan kendaraan, hal ini bisa menjadi tanda kerusakan pada bearing roda.
  4. Tarikan yang Tidak Biasa saat Pengereman: Jika kendaraan cenderung menarik ke sisi tertentu saat melakukan pengereman, ini bisa mengindikasikan adanya masalah pada bearing roda.
  5. Lampu Peringatan ABS Menyala: Apabila lampu peringatan ABS di dalam mobil Anda menyala, ini bisa menunjukkan adanya masalah pada sistem bearing roda dan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Baca Juga:  Pentingnya Mengetahui Perbedaan Busi Asli dan Palsu NGK

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda di atas, segera lakukan penggantian bearing roda guna mencegah timbulnya kerusakan lebih lanjut dan menjaga keamanan berkendara.