Kesehatan

Membongkar Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Berbagai Penyakit Kronis: Apa Saja?

×

Membongkar Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Berbagai Penyakit Kronis: Apa Saja?

Sebarkan artikel ini
buah apel

Bukanlah rahasia lagi bahwa buah apel kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan manfaatnya, seperti mengonsumsinya langsung, membuat jus, atau menyajikannya sebagai salad buah. Menurut laman Harvard School of Public Health, buah apel mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Tidak hanya itu, buah apel juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, riboflavin, niacin, folat, kalium, magnesium, dan mangan. Inilah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah apel:

 

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Buah apel mengandung serat larut dan tidak larut, khususnya pektin yang membantu mengendalikan kadar gula darah. Pektin bekerja sama dengan fitonutrien dalam apel untuk mengatur kadar lemak dan gula darah. Selain itu, kandungan serat dan air dalam buah apel membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mempertahankan rasa kenyang, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Baca Juga:  Manfaat dan Efek Samping Daun Kratom

 

  1. Mencegah Kanker

Warna merah pada sebagian besar jenis buah apel berasal dari kandungan antosianin yang memiliki sifat antiradang dan antikanker. Penelitian telah menemukan bahwa fitonutrien dalam buah apel dapat membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan kanker usus. Flavonol yang terdapat dalam apel juga dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker pankreas. Studi lain juga menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya satu buah apel per hari dapat menurunkan risiko kanker kolorektal dan payudara.

Baca Juga:  6 Jus Membantu dalam Proses Pembakaran Lemak dan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

 

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Buah apel dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. Kandungan polifenol dalam buah apel membantu mencegah kerusakan sel beta di pankreas yang bertanggung jawab dalam produksi insulin. Manfaat ini sangat penting dalam menjaga jalannya proses pembentukan insulin, terutama pada penderita diabetes tipe 2.