Teknologi

Memahami Fungsi Modem dalam Mengakses Internet dan Cara Kerjanya

×

Memahami Fungsi Modem dalam Mengakses Internet dan Cara Kerjanya

Sebarkan artikel ini
fungsi modem

Modem adalah perangkat yang memiliki peran penting dalam menghubungkan perangkat elektronik seperti komputer, laptop, atau HP ke jaringan internet. Sebagai pengetahuan dasar, pengguna perlu memahami apa itu modem dan bagaimana cara kerjanya.

Apa yang dimaksud dengan modem? Modem merupakan singkatan dari Modulator/Demodulator, yang mengolah data untuk mengakses internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.

Secara praktis, fungsi utama modem adalah menghubungkan perangkat dengan jaringan internet melalui transmisi data yang melibatkan modulasi dan demodulasi. Selain itu, modem juga memiliki beberapa fungsi lain, antara lain:

Baca Juga:  Pentingnya Mengenali Ciri-ciri E-mail Phishing untuk Keamanan Online Anda

1. Menghubungkan perangkat ke jaringan internet

Modem memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, atau HP terhubung ke jaringan internet melalui proses modulasi dan demodulasi.

2. Mengubah sinyal digital ke analog (modulasi)

Modem mengubah sinyal digital dari perangkat menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui saluran komunikasi analog seperti jaringan kabel telepon.

3. Mengubah sinyal analog ke digital (demodulasi)

Modem mengonversi sinyal analog menjadi sinyal digital agar dapat dipahami oleh perangkat komputer atau penerima data lainnya.

4. Kompres data

Modem dapat memperkecil ukuran data dalam proses transmisi, sehingga mengurangi waktu yang diperlukan dalam pengiriman data dan jumlah kesalahan dalam sinyal.

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga iPhone 14 Series

5. Koreksi eror

Modem juga berfungsi untuk mengoreksi kesalahan atau eror yang terjadi selama proses transmisi data. Hal ini dilakukan dengan menggunakan mekanisme checksum dalam setiap frame data yang dikirimkan.

Cara kerja modem melibatkan proses utama modulasi dan demodulasi. Data digital dihasilkan oleh sistem komputer, kemudian data tersebut dimodulasi menjadi sinyal analog untuk ditransmisikan melalui saluran komunikasi. Di penerima data, modem akan mendemodulasi sinyal analog menjadi data digital yang dapat dipahami oleh sistem komputer.