Otomotif

Kehilangan Kompresi Mesin: Kasus Motor Matic Mogok dan Pentingnya Memelihara Filter Udara

×

Kehilangan Kompresi Mesin: Kasus Motor Matic Mogok dan Pentingnya Memelihara Filter Udara

Sebarkan artikel ini
motor matic1

WidodoLesta.com – Motor mogok karena kehilangan kompresi menjadi masalah yang sering dialami oleh pemilik motor matic. Dalam sebuah pengalaman pribadi, motor saya mengalami mogok beberapa kali akibat kompresi yang hilang. Awalnya, saya membawa motor ke bengkel dan teknisi berhasil memperbaikinya dengan menyuntikkan oli melalui lubang busi.

Menurut teknisi di bengkel, penyebab hilangnya kompresi pada motor biasanya disebabkan oleh kotoran yang mengganjal pada klep motor.

Namun, setelah sekitar dua bulan, motor kembali mogok dengan gejala yang sama. Akhirnya, saya terpaksa mendorong motor ke bengkel terdekat untuk diperbaiki. Proses perbaikan dimulai dengan membuka karburator. Saat dibuka, kami terkejut melihat banyak kotoran yang menempel pada lubang masuk udara di karburator. Bahkan, saya belum pernah melihat karburator sekotor ini seumur hidup saya.

Baca Juga:  Pelat Nomor Kendaraan Kalimantan Selatan Berbeda dengan Daerah Lain? Temukan Alasannya!

Langkah berikutnya adalah membuka filter udara, yang ternyata tidak ada kerena waktu itu filter udara untuk motor saya lagi kosong dibengkel tempat saya memperbaiki motor.

Menurut mekanik, kebersihan filter udara sangat penting dalam menjaga karburator agar tidak kotor. Tanpa adanya filter udara, debu dan kotoran akan masuk ke karburator dan bisa menyumpat lubang-lubang penting pada karburator serta  kemudian terbawa ke ruang bakar bersama dengan bahan bakar yang bisa bikin kotor ruang bakar.

Tahap ketiga adalah membuka silinder head. Hasilnya, ruang bakar motor sangat kotor dengan banyak kerak dan kotoran. Terutama pada klep masuk, terdapat banyak kotoran yang menempel. Mekanik menjelaskan bahwa kehilangan kompresi terjadi karena debu masuk ke ruang bakar melalui karburator, kemudian mengganjal klep sehingga kompresi hilang.

Baca Juga:  Suzuki Luncurkan Satria F150 Terbaru

Berdasarkan pengalaman ini, saya ingin memberikan beberapa tips bagi pemilik motor matic agar terhindari dari kasus kehilangan kompresi pada motor maticnya seperti yang saya alami. Pertama, jangan mengabaikan perawatan filter udara. Pastikan untuk membersihkan secara rutin dan menggantinya jika sudah terlalu kotor. Filter udara berperan penting dalam menyaring udara sebelum masuk ke karburator, oleh karena itu, menjaga kebersihannya sangat diperlukan.