Kesehatan

Penuhi Asupan Vitamin B6 Anda dengan 12 Makanan Ini

×

Penuhi Asupan Vitamin B6 Anda dengan 12 Makanan Ini

Sebarkan artikel ini
ikan salmon

Vitamin B6, atau piridoksin, adalah salah satu vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan harian Anda, National Institutes of Health (NIH) menyarankan agar orang dewasa berusia 19-50 tahun mengonsumsi 1,3 miligram vitamin B6 setiap hari. Jika berusia di atas 50 tahun, disarankan mengonsumsi 1,7 miligram untuk pria dan 1,5 miligram untuk wanita.

 

Vitamin B6 larut dalam air dan berperan penting dalam memproses asam amino di dalam tubuh untuk membentuk protein dan hormon. Selain itu, vitamin ini juga membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi jumlah yang cukup dari vitamin B6 ini demi kesehatan yang optimal.

 

Berikut ini adalah daftar 12 makanan yang kaya akan vitamin B6:

  1. Ikan Salmon: Salmon mengandung konsentrasi vitamin B6 tertinggi, yang sangat baik untuk kesehatan adrenal dan pembentukan hormon penting dalam tubuh.
Baca Juga:  Hindari 6 Jenis Makanan yang Dapat Merusak Kesehatan Ginjal Anda di Usia Muda

 

  1. Ikan Tuna: Tuna, terutama varietas seperti sirip kuning dan albakora (albacore), juga tinggi akan vitamin B6. Ikan tuna membantu produksi hemoglobin, yang bertanggung jawab membawa oksigen dalam darah.

 

  1. Telur: Dua butir telur menyediakan 10 persen dari nilai harian vitamin B6 yang dianjurkan, serta nutrisi lainnya seperti protein.

 

  1. Hati Ayam: Hati ayam mengandung protein, folat, vitamin A, serta vitamin B6 dan B12 yang baik untuk membantu tubuh memecah dan menggunakan protein secara efisien.

 

  1. Daging Sapi: Daging sapi adalah sumber protein yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin B6. Pilih daging sapi yang diberi pakan rumput dan rendah lemak untuk memaksimalkan manfaat nutrisinya.

 

  1. Wortel: Wortel adalah sumber vitamin B6 yang kaya, ditambah serat dan vitamin A. Konsumsi wortel mentah, dimasak, atau dalam bentuk jus maupun smoothie.

 

  1. Bayam: Bayam mengandung vitamin B6 yang membantu pembentukan antibodi dan juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan zat besi.
Baca Juga:  Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh

 

  1. Ubi Jalar: Ubi jalar mengandung banyak serat, vitamin A, magnesium, serta menyediakan kurang lebih 15 persen dari nilai harian vitamin B6 yang disarankan.

 

  1. Pisang: Pisang berukuran sedang kaya akan vitamin B6, yang membantu produksi serotonin dan norepinefrin. Serotonin dan norepinefrin merupakan bahan kimia yang membantu fungsi saraf dan transmisi sinyal di otak.

 

  1. Alpukat: Selain memiliki rasa yang lezat dan lezat, alpukat juga mengandung vitamin B6 dan C, serat, dan lemak sehat.

 

  1. Susu: Susu sapi atau susu kambing adalah sumber vitamin B6 yang baik dengan tambahan vitamin B12 dan kalsium yang tinggi.

 

  1. Keju Ricotta: Keju ricotta mengandung vitamin B6 yang larut dalam air dan dapat memberikan nutrisi tersebut dalam jumlah yang baik tergantung pada kandungan whey (usaha, jangan menyebutkan kandungan teknis).