Aplikasi

Merapikan Inbox: Tips Mudah Menghapus Email Lama di Gmail

×

Merapikan Inbox: Tips Mudah Menghapus Email Lama di Gmail

Sebarkan artikel ini
menghapus email gmail

Hari ini, kita akan membahas cara praktis dan efektif untuk menghapus email lama di Gmail agar kotak masuk tetap rapi dan teratur. Meskipun menghapus semua email di Gmail mudah dilakukan, tetapi terkadang kita hanya ingin membersihkan email lama yang sudah tidak relevan lagi. Dengan melakukan langkah-langkah berikut, Anda bisa mengosongkan penyimpanan Gmail dengan mudah.

Cara Menghapus Email Lama di Gmail:

1. Langkah pertama adalah menggunakan perintah pencarian khusus di kotak pencarian Gmail. Ada dua perintah yang bisa Anda gunakan:

– Untuk mencari email yang lebih lama dari periode tertentu, gunakan perintah “older_than:[periode waktu]”. Misalnya, older_than:1y akan menampilkan email yang lebih tua dari satu tahun.

Baca Juga:  Panduan Penggunaan Lengkap Discord: Fitur Utama dan Cara Memulai

– Untuk mencari email yang diterima sebelum tanggal tertentu, gunakan perintah “before:[tanggal]”. Pastikan format tanggal yang digunakan adalah YYYY/MM/DD.

2. Setelah memasukkan perintah pencarian yang diinginkan, tekan tombol Enter. Gmail akan menampilkan email-email yang sesuai dengan kriteria pencarian Anda.

3. Untuk menghapus semua email yang muncul dalam hasil pencarian, Anda dapat memilih semuanya dengan mengklik kotak centang di sudut kiri atas.

4. Perhatikan bahwa jika hasil pencarian Anda meliputi lebih dari satu halaman, akan muncul pesan yang memberi tahu Anda bahwa mengklik kotak centang hanya akan menyoroti email di halaman tersebut. Tetapi, Anda bisa memilih opsi untuk memilih semua email yang cocok dengan pencarian.

Baca Juga:  Google Chrome Kini dengan Fitur AI Terbaru

5. Setelah memilih email-email yang ingin dihapus, klik ikon Tempat Sampah (Trash) untuk memindahkan mereka ke folder Sampah.

Terkait email-email yang berada di folder Sampah, Gmail akan menghapusnya secara otomatis setelah 30 hari. Namun, jika Anda ingin menghapusnya sepenuhnya, Anda dapat mengosongkan folder Sampah di Gmail.