Otomotif

Kampas Ganda Pada Sepeda Motor Matic: Fungsi, Cara Kerja, Ciri, dan Penyebab Aus yang Harus Kamu Ketahui

×

Kampas Ganda Pada Sepeda Motor Matic: Fungsi, Cara Kerja, Ciri, dan Penyebab Aus yang Harus Kamu Ketahui

Sebarkan artikel ini
kampas ganda motor matic

WidodoLesta.com – Kampas ganda pada sepeda motor matic memiliki peran penting dalam kelancaran dan performa kendaraan. Namun, seringkali kampas ganda cepat aus sebelum waktunya, sehingga pemilik motor harus memahami fungsi, cara kerja, ciri-ciri, dan penyebab ausnya kampas ganda.

Fungsi Kampas Ganda:

Kampas ganda berperan dalam proses pengalihan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang secara sentrifugal. Seperti halnya kampas kopling pada motor bebek, kampas ganda juga berfungsi untuk menyalurkan tenaga agar motor matic dapat bergerak. Selain itu, kampas ganda juga memiliki peran dalam menentukan akselerasi dan kenyamanan berkendara. Ketika kampas ganda aus, mesin hanya akan berputar tanpa menyalurkan tenaga, sehingga akselerasi motor terganggu.

 

Cara Kerja Kampas Ganda:

Cara kerja kampas ganda pada sepeda motor matic dapat dijelaskan dalam tiga tahap. Pada saat mesin dinyalakan, kopling primer tidak terhubung dan transmisi masih dalam kondisi netral. Pada tahap ini, kampas kopling primer menggunakan gaya sentrifugal untuk menghasilkan tarikan yang lebih renggang dan tidak berlebihan saat gigi masuk. Saat mesin mati, kampas kopling primer menempel pada clutch housing dan terputus ketika tuas transmisi ditekan. Saat gas ditarik, kampas ganda mendapat gaya paling besar, mengakibatkan akselerasi dan peningkatan RPM pada mesin serta menggerakkan roda.

Baca Juga:  Pelat Nomor Kendaraan Kalimantan Selatan Berbeda dengan Daerah Lain? Temukan Alasannya!

 

Ciri-ciri Kampas Ganda Sudah Aus:

Agar dapat mengganti kampas ganda pada saat yang tepat, penting untuk mengetahui ciri-ciri bahwa kampas ganda sudah aus. Beberapa ciri-ciri tersebut antara lain:

  1. Tarikan motor terasa berat dan akselerasi menjadi lemah.
  2. Gas motor terasa brebet dan suara tarikan tidak sesuai dengan tarikan tuas gas.
  3. Kopling sering terselip, terutama saat melakukan percepatan atau naik tanjakan curam.
  4. RPM tiba-tiba meningkat dengan akselerasi yang lemah.
  5. Kick starter terasa loss saat dipakai.
Baca Juga:  Yamaha X-Ride 125 Menghadirkan Tampilan Baru yang Memikat Konsumen

 

Penyebab Kampas Ganda Cepat Aus:

Beberapa faktor dapat menyebabkan ausnya kampas ganda pada sepeda motor matic. Beberapa penyebab tersebut meliputi:

  1. Sering melintasi jalan menanjak, karena saat menanjak kampas ganda akan tergesek dan berpotensi cepat aus.
  2. Membawa beban berat melebihi kapasitas yang dianjurkan, hal ini bisa membuat kampas ganda dan v-belt cepat aus atau rusak.
  3. Sering berkendara di kemacetan dengan menahan gas saat motor berhenti, ini dapat membuat kampas ganda bergesekan dan cepat aus.

Dalam menjaga performa sepeda motor matic, penting bagi pemilik kendaraan untuk memahami fungsi, cara kerja, serta ciri-ciri dan penyebab ausnya kampas ganda. Dengan pemeliharaan yang tepat, kita dapat memperpanjang masa pakai dan memastikan kinerjanya selalu optimal.