Otomotif

Pentingnya Mengetahui Perbedaan Busi Asli dan Palsu NGK

×

Pentingnya Mengetahui Perbedaan Busi Asli dan Palsu NGK

Sebarkan artikel ini
busi ngk palsu

Bagi pemilik kendaraan, terutama roda dua dan empat, penting untuk waspada terhadap maraknya busi palsu di pasaran. Merek busi NGK terkait masalah ini telah memberikan beberapa cara untuk memastikan bahwa produk yang digunakan konsumen dapat memberikan performa maksimal pada kendaraan.

Diko Oktaviano, Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, memberikan informasi penting kepada media agar konsumen tidak tertipu dengan barang palsu. Hal ini menjadi perhatian karena banyak busi palsu yang menggunakan merek asal Jepang, seperti merek NGK.

Ada lima cara yang dapat diperhatikan oleh calon konsumen untuk mengetahui apakah busi NGK asli atau palsu. Pengecekan ini sebenarnya tidak rumit, cukup dengan menggunakan mata telanjang tanpa perlu alat khusus.

Baca Juga:  Kode Plat Kendaraan Dari Jawa Timur

Pertama, perhatikan marking atau tulisan NGK pada busi palsu yang biasanya agak pudar. Meskipun busi palsu saat ini juga dilengkapi dengan load number, tetapi penampilannya dibuat kasar dan tidak halus seperti busi asli.

Selain itu, ada beberapa pengecekan lainnya untuk mengidentifikasi busi NGK asli atau palsu, terutama pada bagian dalam busi. Meskipun busi palsu memiliki load number, namun ada ciri khas tertentu yang bisa dilihat oleh konsumen.

Busi asli memiliki kombinasi huruf dengan angka pada load number, sedangkan busi palsu hanya memiliki huruf di depan dan sisanya angka semua.

Baca Juga:  Kehilangan Kompresi Mesin: Kasus Motor Matic Mogok dan Pentingnya Memelihara Filter Udara

Selain itu, gasket yang ada pada bagian busi juga perlu diperiksa untuk mengetahui apakah busi NGK tersebut asli atau palsu. Jika komponen ini dibeli dengan kondisi ring yang terpisah dan tidak langsung terpasang pada bagian utama busi, maka dapat dipastikan bahwa itu barang palsu.

Langkah terakhir dalam membedakan busi NGK asli atau palsu adalah melihat bentuk ground electrode. Pada produk asli, welding dilakukan dengan rapih dan tidak overlap dari insulator. Sebaliknya, busi palsu seringkali memiliki proses welding yang buruk dan ground electrode yang overlap dari insulator.